Kasat Pol PP Metro : Program Kerja Walikota Lebih Mengutamakan Kepentingan Masyarakat

Metro — Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) Kota Metro, Josa Sarmento menyebut, dimasa kepemimpinan Walikota Wahdi, program kerja di satuannya lebih mengutamakan pada kepentingan masyarakat.

“Pada kepemimpinan pak Walikota Wahdi program kerja di Satpol PP Metro lebih mengutamakan kepentingan masyarakat. Artinya, di dalam penegasan peraturan itu mengutamakan kepentingan masyarakat. Karena, kami di Satpol PP ada tiga poin moto yaitu penegakan peraturan daerah, ketentraman dan ketertiban umum, serta perlindungan masyarakat. Kemudian, ditambah dengan pemadam kebakaran,” kata Jose, saat diwawancarai di ruang kerjanya, Senin (1/7/2024).

“Jadi, kalau di bidang Penegak Perda, kami sudah melaksanakan berbagai upaya penegakan kerja. Mulai dari perizinan sampai dengan penegakan dalam hal ini penutupan dan juga penyegelan,” tambahnya.

Jose menyampaikan, pada periode kepemimpinan Walikota Wahdi, sejak satuan penegak perda Satpol PP Metro mengikuti Diklat Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS). Ia menyebut, pihaknya lebih lagi berani dalam melakukan penegakkan perda.

“Kalau kita melihat lagi ke belakang, kita dulu-dulu Satpol PP Metro belum punya keberanian untuk melakukan penutupan. Tapi, sejah dua tahun terakhir ini, karena kami sudah mengikuti Diklat dan memiliki lisensi Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS), kami berani untuk menegakkan peraturan yang berlaku di Kota Metro,” ujarnya.

Selain itu, ia mengungkapkan, dalam menjalankan tugas, Satpol PP berupaya agar tidak menghalangi pengusaha ataupun investor untuk berinvestasi di kota yang berjuluk Bumi Sai Wawai tersebut.

“Kami tidak menghambat pada pengusaha untuk masuk, tapi paling tidak mereka harus mengikuti prosedur dan aturan-aturan kami, serta melakukan berbagai inovasi. Hal ini tentunya melalui bidang trantibum, kami melakukan pendekatan-pendekatan pelayanan secara humanis kepada masyarakat, untuk taat kepada aturan yang berlaku di Kota Metro,” ungkap Jose.

Jose menjelaskan, pada kepemimpinan Walikota Wahdi, Pemkot Metro lebih memberikan perhatikan kepada anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dengan memberikan sebuah penghargaan.

“Beberapa waktu lalu, Walikota Wahdi memberikan penghargaan kepada 115 anggota Satlinmas Metro yang masa pengabdiannya 10 sampai 20 tahun. Penghargaan ini diberikan pak wali sebagai bentuk perhatian dan apresiasi kepada anggota Satlinmas,” jelasnya.

“Selain itu, ada lima anggota Satlinmas Metro yang juga menerima penghargaan dari Gubernur Lampung pada beberapa waktu lalu, karena masa pengabdiannya sudah mencapai 30 tahun. Kita menjadi satu dari tiga kabupate/kota di Provinsi Lampung yang mendapatkan penghargaan tersebut. Satlinmas ini merupakan garda terdepan pada Satuan Polisi Pamong Praja,” tambahnya.

Jose menambahkan, diperiode kepemimpinan Walikota Wahdi, ada beberapa prestasi yang sudah diraih oleh Satpol PP Metro seperti,

  1. Walikota Metro menerima Karya Bhakti dari Kemendagri.
  2. Lima anggota Satlinmas Kota Metro menerima penghargaan pengabdian kerja yang sudah mencapai 30 tahun, dari Gubernur Lampung

Bagikan Ke

About Redaksi Sundalanews

Check Also

Terus Kembangkan Program Kerja Walikota,Ini Kata Lurah Purwosari

Metro (sundalanews.com) – Lurah Purwosari, Metro Utara, Sutoro menyebut, beberapa program kerja Walikota Wahdi pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Find us on Facebook