Gubernur Arinal Djunaidi Tebar Benih Ikan Endemik Lokal di Tulangbawang Barat

TUBABA (sundalanews.com) – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melakukan restocking benih ikan endemik lokal di Tangga Raja Pagar Dewa Sungai Way Kiri, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Jumat (31/05/2024).

Pada kegiatan tersebut, Gubernur bersama Wakapolda Lampung Brigjen Pol Dr. Ahmad Ramadhan, S.H., M.Si., M.H., Penjabat Bupati Tulang Bawang Barat Drs. M. Firsada, M.Si., dan sejumlah tokoh adat, tokoh agama dan masyarakat Kecamatan Pagar Dewa, melakukan penebaran 75.000 benih ikan jelabat, 100.000 benih ikan baung, 20.000 benih ikan nila, dan 20.000 benih ikan lele.

Menurut Gubernur kegiatan penebaran benih ikan khas daerah merupakan upaya pemulihan sumber daya ikan yang sudah mulai punah terutama ikan khas daerah seperti Belida, Jelabat, dan Baung, selain itu juga untuk meningkatkan produksi tangkapan ikan skala kecil guna membantu kesejahteraan masyarakat nelayan sekitar.

Usai melakukan penebaran benih ikan, Gubernur berkunjung ke kediaman Wakapolda Lampung Brigjen Pol Dr. Ahmad Ramadhan, S.H., M.Si., M.H., yang kebetulan sedang mulang tiyuh di kampung halamannya yakni di Desa Pagar Dewa.

Pada kesempatan tersebut Gubernur juga berkesempatan untuk berbincang-bincang bersama para tokoh penyimbang adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat Pagar Dewa yang hadir.

“Sebenarnya saya sudah lama memprogramkan kegiatan di Pagar Dewa, namun belum sempat terlaksana, kebetulan ada pak Wakapolda jadi saya ajak, yang tiuhnya di pagar Dewa, ayok sekalian mulang tiyuh,” ucap Gubernur.

Selain restocking benih ikan, Gubernur juga mengatakan akan melakukan perbaikan Infrastruktur jalan Provinsi yang ada di Kabupten Tulang Bawang.

“Saya sudah diskusi tadi dengan Kepala Dinas BMBK Provinsi Lampung, ada 7 Km jalan yang akan diperbaiki dan 3 Km yang akan dilakukan pelebaran, jadi total 10 Km, tapi tidak bisa tahun ini, insya Alah tahun depan akan langsung kita bangun,” ucapnya.

Sementara itu Wakapolda Lampung Brigjen Pol Dr. Ahmad Ramadhan, S.H., M.Si., M.H., mengatakan bahwa dirinya sangat berterimakasih kepada Gubernur Lampung yang telah memberikan perhatian kepada masyarakat Pagar Dewa, dan berharap kedepan pembangunan di Desa pagar Dewa dapat lebih maju lagi.

“Jangan lihat saya ini sebagai Wakapolda pak Gub, tapi sebagai putra daerah, putra Pagar Dewa, sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas perhatian dan bantuan Pak gubernur kepada masyarakat Pagar Dewa, semoga kedepan dapat lebih meningkat lagi. Kami tidak berharap pembangunan yang sangat pesat, tapi minimal tidak ketinggalan dengan daerah lainnya,” ungkap Wakapolda.

Adapun Tokoh Penyimbang Adat Hermani SP Gelar Menak Bangsawan Diraja mengatakan bahwa selama puluhan tahun belum pernah ada kepala daerah yang menginjakan kakinya di Desa Pagar Dewa, oleh karenanya Hermani atas nama masyarakat Pagar Dewa mengucapkan banyak terimakasih kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

“Seingat saya Pak Gubernur, sudah puluhan tahun, belum pernah ada kepala daerah yang datang ke Pagar Dewa, baru pak Gubernur, apalagi pak Gubernur berasal dari Way Kanan, yang tentunya masih memiliki pertalian adat dan keturunan dengan masyarakat Pagar Dewa, oleh karenanya kami sangat senang dengan kehadiran pak gubernur disini,” ungkapnya.

Selain melakukan penebaran benih ikan, Pemerintah Provinsi Lampung juga melakukan operasi pasar murah dilokasi tersebut. Masyarakat dapat membeli berbagai kebutuhan pokok seperti beras, minyak sayur, bawang merah, bawang putih, tepung, gula dan lain sebagainya dengan harga murah, jauh dibawah harga pasar. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).

Bagikan Ke

About Redaksi Sundalanews

Check Also

Tradisi Air Suci Polda Lampung, Air Murni Cuci Panji Tribrata di Hari Bhayangkara

LAMPUNG (sundalanews.com) – Sebuah tradisi di Polda Lampung bernuansa kearifan lokal dirawat turun temurun dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Find us on Facebook