Gubernur Arinal Djunaidi Hadiri Pengajian Akbar di Kabupaten Tulang Bawang Barat dan Berikan Sejumlah Bantuan

TUBABA (sundalanews.com) – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal menghadiri Pengajian Akbar yang digelar di GOR Mini Kagungan Ratu Kabupaten Tulang Bawang Barat, Jumat (31/05/2025).

“Sungguh merupakan suatu kebahagiaan bagi saya dapat bertemu dengan warga masyarakat Tulang Bawang Barat yang saya cintai untuk bersama-sama mengikuti pengajian ini,” ucap gubernur mengawali sambutannya.

Acara pengajian Akbar ini menurut Gubernur menjadi momentum yang luar biasa untuk mempererat tali silaturahmi dan menjadi wadah untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Gubernur mengatakan bahwa Kabupaten Tulang Bawang Barat telah menunjukkan perkembangan yang sangat baik di berbagai sektor. Gubernur juga mengatakan bahwa Kabupaten Tulang Bawang Barat memiliki potensi dan keunggulan sumber daya alam, potensi pariwisata, maupun potensi manusia yang sangat luar biasa.

“Saya sangat merasa bangga dengan semangat dan kerja keras masyarakat Tulang Bawang Barat dalam memajukan daerahnya. Saya akan terus memberikan dukungan dalam hal pendidikan, kesehatan, dan pembangunan infrastruktur untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Tulang Bawang Barat,” paparnya.

Namun demikian, kendati Kabupaten Tulang Bawang memiliki potensi yang sangat luar biasa, Gubernur menyatakan bahwa pembangunan sebuah daerah tidaklah bisa dilakukan sendirian. Oleh karenanya dibutuhkan kerjasama, kolaborasi, dan dukungan dari semua pihak, mulai dari pemerintah, masyarakat, hingga para pemangku kepentingan lainnya.

Untuk itu pada kunjungan kerjanya di kabupaten Tulang Bawang ini, Gubernur Arinal Djunaidi menyerahkan sejumlah bantuan kepada Pemerintah kabupaten dan segenap masyarakat Tulang Bawang Barat, diantaranya yakni :

  1. Bantuan 50 paket sembako dan 3 kursi roda;
  2. Penyerahan sertifikasi Halal UMKM;
  3. Operasi Pasar : beras murah (Kuota per-OP 5-10 Ton/1000-2000 kantong, isi 5 kg/kantong Minyak, Tepung,Gula), Bantuan Hibah Peralatan/Mesin Untuk Kelompok IKM Sejumlah 1 Unit;
  4. Pembangunan Embung/Bangunan Penampung Air Tiyuh Sakti Jaya Kecamatan Batu Putih Kabupaten Tulang Bawang Barat, dll;
  5. Bantuan Vaksin Penyakit Mulut dan Kuku sebanyak 34.550 dosis dan BOP Vaksinasi PMK Rp. 539.600.000
  6. Bantuan untuk 2 Masjid,3 Mushola, 10 Anak Yatim, 2500 Butir Telur Untuk 5 Ponpes
  7. Bantuan Strow/Semen Beku 14.450 Dosis;
  8. Bantuan alat olahraga sepak bola;
  9. 20 Pack Benang Tapis;
  10. Restoking Benih Ikan Nila sebanyak 40.000, 40.000 Benih ikan Lele, 75.000 Benih ikan Jelabat, 100.000 Benih ikan Baung di Pagar Dewa;
  11. Bantuan 5000 benih lele, 35.000 benih gurame, 600 Kg Pakan Ikan untuk 5 Kelompok Pembudidaya Ikan;
  12. Bantuan rehab gedung, sapras pendidikan dan BOS;

Adapun menurut Gubernur, pada tahun anggaran 2024 ini akan dilakukan beberapa pembangunan jalan, jembatan serta infrastruktur lainnya di kabupaten Tulang Bawang Barat, diantaranya yakni :

  1. Rehabilitasi Jalan Ruas Sp. Tujok – Panaragan Jaya denga nilai Rp. 5,143 Milyar;
  2. Rehabilitasi Jalan Ruas Bandar Sakti – Sp. Daya Murni dengan nilai Rp. 5,143 Milyar;
  3. Preservasi Jalan Ruas Penumangan – Tegal Mukti (Ruas Prioritas) dengan nilai Rp. 20,573 Milyar;
  4. Rekonstruksi Jalan Ruas Sp. Daya Murni-Gunung Batin dengan nilai Rp. 5,036 Milyar;
  5. Dan Rekonstruksi Jalan Ruas Adijaya-Tulung Randu dengan nilai Rp. 5,107 Milyar;

“Melalui berbagai bantuan yang kami berikan tersebut, saya berharap dapat mendukung berbagai program pembangunan yang telah dirancang oleh Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Saya percaya bahwa dengan kerja sama yang solid, kita dapat mencapai kemajuan yang berkelanjutan dan merata di seluruh wilayah,” pungkas Gubernur.

Sementara itu Penjabat Bupati Tulang Bawang Barat Drs. M. Firsada, M.Si. berharap dengan kedatangan Gubernur di Bumi Ragem Sai Mangi Wawai ini dapat lebih mempererat tali silaturahim antara Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat dengan jajaran Pemerintah Provinsi Lampung, khusunya untuk membangun komunikasi kerja bersama guna mewujudkan Rakyat Lampung Berjaya.

Namun demikian Firsada juga mengatakan bahwa tentunya kemajuan yang diinginkan bersama bukanlah sekadar kemajuan pada aspek fisik materiil semata, namun juga perlu di imbangi dengan kemajuan pada aspek mental spiritual.

Untuk itu menurut Firsada, kegiatan pengajian yang diikuti bersama pada hari ini, merupakan salah satu bentuk peran aktif Pemerintah Provinsi Lampung dalam membangun aspek mental spiritual, sehingga sepatutnya mendapat apresiasi yang setingi-tingginya.

“Kegiatan ini tentunya bermanfaat untuk memajukan kualitas kehidupan masyarakat, terutama dalam rangka membangun religiusitas di kalangan umat Islam, memperkuat keimanan dan ketakwaan, memperkuat jalinan ukhuwah, serta meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama warga masyarakat,” paparnya.

Pengajian Akbar di Kabupaten Tulang Bawang Barat ini diiisi dengan Tausiah oleh Ustadz H. Mirza Fahlevi, S.Ag. M.AG, selain itu di lokasi acara pengajian juga digelar pasar murah yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Lampung sebagai salah satu upaya dalam mengendalikan inflasi daerah. (Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Lampung).

Bagikan Ke

About Redaksi Sundalanews

Check Also

Tradisi Air Suci Polda Lampung, Air Murni Cuci Panji Tribrata di Hari Bhayangkara

LAMPUNG (sundalanews.com) – Sebuah tradisi di Polda Lampung bernuansa kearifan lokal dirawat turun temurun dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Find us on Facebook