Cegah Stunting, Pemkab Lampura Luncurkan Program “GUAI BAASUH”

Lampung Utara (sundalanews.com) – Penjabat (PJ) Bupati Lampung Utara Drs. Aswarodi M.,Si galakkan program “GUAI BAASUH”, dalam rangka pencegahan stunting, Jum’at (17/5/2024).

Peluncuran program pencegahan stunting pertama kali dilaksankana Kelurahan Sindang Sari dan Desa Sumber Arum di Kecamatan Kotabumi. Dengan dihadiri Kepala Dinas Kominfo Gunaido Uthama, Kepala Dinas KBPPN Muzairin Daud, Camat Kotabumi Nujum Masya, Lurah Sindang Sari Sofyan Firman, dan Kepala Desa.

Dalam sambutannya, PJ Bupati Aswarodi menyampaikan komitmennya untuk menurunkan angka stunting di Lampung Utara dengan meluncurkan sebuah program yang diberinama Guai Baasuh.

GUAI BAASUH artinya Gerakan Untuk Anak Indonesia, dalam program Bapak Asuh. “Kegiatan ini akan dilaksanakan setiap hari Jum’at dengan melibatkan seluruh steakholder yang ada mulai Bupati dan Forkopimda, OPD, Camat, Kepala sekolah yang mana masing masing memiliki anak asuh 5 sampai 10 orang dan akan diberikan bantuan makanan bergizi dan susu, “kata dia.

Menurutnya, Program ini sementara akan dilaksanakan selama 3 sampai 5 bulan kedepan sebagai upaya dan langkah cepat pemerintah dalam mencegah stunting di Lampura.

“Stunting merupakan masalah serius yang harus kita atasi bersama. Oleh karena itu, saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi dalam upaya pencegahan stunting,” ujar PJ Bupati Aswarodi.

Selain itu, Aswarodi menjelaskan bahwa Pemkab Lampung Utara telah menyiapkan berbagai program untuk mencegah stunting, antara lain:

Pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil dan balita

Penyuluhan tentang kesehatan ibu dan anak

Peningkatan akses air bersih dan sanitasi

Pembinaan keluarga pra nikah

PJ Bupati Aswarodi juga meminta kepada para orang tua untuk memberikan perhatian yang lebih kepada anak-anaknya, terutama dalam hal asupan gizi dan kesehatan.

“Anak-anak adalah generasi penerus bangsa. Oleh karena itu, kita wajib memberikan mereka yang terbaik, termasuk dalam hal kesehatan dan gizi,” tegas PJ Bupati Aswarodi.

Bagikan Ke

About Redaksi Sundalanews

Check Also

Buka Pelatihan Penulisan Khotbah Jumat, Novriwan Jaya Minta Materi Penyampaian Khotbah Diatur

Tubaba (sundalanews.com) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Ir. Novriwan Jaya, S.P. membuka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Find us on Facebook