Musrenbang Tingkat Kecamatan, Bupati Pesawaran : Jangan Lelah Dalam Meminta Pembangunan

Pesawaran (sundalanews.com) – Dokumentasi dan usulan – usulan yang diberikan oleh desa melalui kecamatan menjadi pondasi di dalam merencanakan sebuah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di tahun berikutnya.

Demikian dikatakan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona saat memimpin Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Kedondong dan Kecamatan Way Khilau di Balai Adat Kedondong , Senin (04/03/2024).

Bupati Dendi menekankan agar Pemerintah Daerah, Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa serta para tokoh di masyarakat jangan lelah dan jenuh untuk meminta terkait pembangunan yang ada disetiap kecamatan.

Sebab, musrenbang ini dilaksanakan karena harus memilah dan memilih mana yang menjadi skala prioritas, sesuai mengatakan dengan yang dimandatkan dan diamanatkan oleh Undang – Undang dalam merencankan pembangunan kedepan.

“Saya mohon disini jangan lelah untuk mengusulkan terkait rencana-rencana pembangunan di tahun 2024 ini,” sambung Dendi.

Dirinya yakin dengan adanya musrenbang tersebut, terdapat usulan-usulan yang disampaikan oleh para Kepala Desa ini tidak ada usulan terkait urusan pribadi.

“Usulan – usulan itu tentunya pasti untuk kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakat setempat seperti pembangunan jalan, jembatan, rehab sekolah dan puskesmas serta masih banyak lagi pembangunan lainnya,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Dirinya menekankan agar pelaksanaan pembangunan dapat berkesinambungan, para Camat lebih cepat tanggap terhadap situasi dan kejadian yang ada di wilayahnya.

“Camat harus cepat paham dan senantiasa memantau situasi dan kondisi wilayahnya masing-masing, agar senantiasa menjaga kondisi yang kondusif di wilayahnya, sehingga pelaksanaan pembangunan dapat berkesinambungan,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Musrenbang kali ini mengusung tema “Mengoptimalkan Pertumbuhan Ekonomi Untuk Mewujdkan Kesejahteraan Dan Kemandirian Daerah”.

Sementara, Plt. Camat Kedondong Irwan Rosa menyampaikan ucapan terima kasih atas dana desa yang diberikan tahun 2023 lalu dan berharap untuk tahun 2024 ini rencana pembangunan akan terealisasikan dengan baik.

Dirinya juga melaporkan realisasi dan pembangunan yang telah di lakukan pada tahun 2023 di Kecamatan Kedondong.

“Yaitu pembangunan masjid Al-falah Desa Suka Maju, pembangunan SD Desa Gunung Sugih, pembangunan jembatan Desa Way Kepayang, dan pembangunan SD kedondong,” terangnya.

Selaras dengannya, Camat Way Khilau M. Nasroni juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Dendi yang telah memberikan pembangunan di Kecamatan Way Khilau.

Menurutnya pembangunan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya di Kecamatan Way Khilau.

Bupati Dendi juga menyerahkan pagu alokasi penyampaian hasil musrenbang tahun 2024 Kecamatan Kedondong Way Khilau serta beberapa bantuan dari OPD di lingkup Pemkab Pesawaran.

Bantuan tersebut berasal dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk anak – anak sekolah di Kecamatan Kedondong dan Way Khilau.

Selain itu, bantuan dari Dinas Kesehatan berupa PMT balita dan ibu hamil, Dinas Perindustrian dan Perdagangan berupa mesin dan peralatan bagi pelaku UMKM untuk kecamatan setempat.

Setelah Musrenbang di Kecamatan Kedondong dan Way Khilau, Bupati Pesawaran melanjutkan penghimpunan perencanaan pembangunan di Kecamatan Way Lima dan Gedong Tataan.

Turut hadir dalam Musrenbang, Anggota DPRD Kabupaten Pesawaran Dapil Kecamatan Kedondong dan Way Khilau, Para Pejabat Struktural di Lingkungan Pemkab Pesawaran, Camat Kedondong dan Way Khilau beserta jajarannya, Jajaran Uspika Kecamatan Kedondong dan Way Khilau, Para Kepala UPT Kedondong dan Way Khilau, Para Kepala Desa, Ketua BPD, Ketua LPM se- Kecamatan Kedondong dan Way Khilau, Para Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, rekan-rekan pers, LSM, Tokoh Pemuda, Pengurus Forum Anak, serta Pemangku Kepentingan Pembangunan Lainnya se-Kecamatan Kedondong dan Way Khilau.

Bagikan Ke

About Redaksi Sundalanews

Check Also

Berkas Perkara Pelaku Curat R4 di Pesibar Dilimpahkan ke Kejaksaan

Pesisir Barat (sundalanews.com) – Sat Reskrim Polres Pesisir barat melaksanakan Tahap II / pelimpahan tersangka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Find us on Facebook