Wujudkan Pelayanan Prima, Polresta Bandar Lampung Gelar Pelatihan Ketrampilan dan Etika Pelayanan Publik

Bandar Lampung (sundalanews.com) – Polresta Bandar Lampung menggelar kegiatan pelatihan kemampuan pelayanan publik, dalam upaya peningkatan kemampuan personelnya di Ruang Emerlad, Hotel Emersia, Bandar Lampung, Kamis (11/7/2024) siang.

Kegiatan ini sendiri, diikuti oleh seluruh anggota yang bertugas pada bidang-bidang pelayanan publik Polresta Bandar Lampung dan Polsek Jajaran.

Waka Polresta Bandar Lampung AKBP Erwin Irawan, S.I.K., berkesempatan membuka pelatihan yang merupakan agenda rutin Bag SDM Polresta Bandar Lampung.

Nara Sumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini Yenni Elvawati, dari Bank BRI dan Mega Diana Zamzam selaku motivator.

Kabag SDM Polresta Bandar Lampung Kompol Sukamso menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam melayani masyarakat agar lebih baik.

Selain itu, para anggota juga bisa memberikan layanan dengan sepenuh hati untuk mewujudkan pelayanan prima pada masyarakat.

“Harapannya setelah pelatihan ini, anggota bisa menjadi pelayan yang bersikap ramah, berempati, dan bisa memberikan solusi terhadap keluhan masyarakat,“ Kata Kabag SDM Kompol Sukamso.

Sejumlah personel hadir dalam pelatihan ini, adalah mereka yang bertugas di bidang pelayanan publik, seperti pelayanan SPKT, Pelayanan SKCK, Penyidikan dari Sat Reskrim, Sat Lantas serta Propam.

Sebagai narasumber, Yenni mengungkapkan etika pelayanan publik merupakan soft skill yang wajib dimiliki oleh setiap petugas pelayanan publik.

Para petugas pelayanan publik wajib memberikan senyum, salam, sapa saat bertemu masyarakat, dan melayani dengan sopan serta santun.

Dalam berinteraksi, wajib menggunakan bahasa yang komunikatif, menampilkan empati dan semangat, sehingga masyarakat menjadi nyaman.

Petugas pelayanan publik juga wajib menguasai persyaratan, mekanisme, jangka waktu, dan serba-serbi terkait pelayanan publik yang diselenggarakan.

Sementara itu, sang motivator Diana, menjelaskan bahwa untuk bisa memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat di era digital saat ini, maka personel Polri yang bertugas di bidang pelayanan harus merubah mindset, untuk mulai terbuka dengan dunia digital.

Peningkatan kemampuan pelayanan publik juga sebagai bentuk upaya yang dilakukan Polresta Bandar Lampung dalam menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Bebas Melayani/WBBM.(*)

Bagikan Ke

About Redaksi Sundalanews

Check Also

Terus Kembangkan Program Kerja Walikota,Ini Kata Lurah Purwosari

Metro (sundalanews.com) – Lurah Purwosari, Metro Utara, Sutoro menyebut, beberapa program kerja Walikota Wahdi pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Find us on Facebook