Walikota Metro Buka Kegiatan Pengukuran Kebugaran dan Skrining Kesehatan

Metro (sundalanews.com) – Walikota Metro, Wahdi Sirajuddin membuka kegiatan Pengukuran Kebugaran dan Skrining Kesehatan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Metro. Dalam rangkaian kegiatan hari jadi Kota Metro yang ke-87 tahun 2024.

Wahdi menegaskan, ia menyampaikan perhatian khusus itu kepada ASN, seminggu yang lalu kepada para kepala Dinas.

“Kemaren saya sampaikan seminggu yang lalu kepada kepala Dinas, coba kita perhatikan ASN kita. Kalau kita, punya ASN tidak berkualitas, artinya sehat mulai dari spiritualnya baik, sehat jasmani, rohani, maka pembangunan juga nggak berjalan,” kata Wahdi saat diwawancarai, seusai membuka kegiatan pengukuran kebugaran dan skrining kesehatan kepada ASN, di Taman Merdeka Metro setempat, Jum’at (14/06/2024).

Dia mengatakan, dalam mendukung kegiatan tersebut, pihaknya menggunakan aplikasi SIPGAR untuk mencatat kondisi fisik kepada ASN.

“Maka hari ini dilakukan pemeriksaan kebugaran. Pengukuran kebugaran nanti ada melalui aplikasi SIPGAR itu kan ada,” jelasnya.

Ia juga menilai, kegiatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) sudah termasuk dalam program Jaringan Masyarakat Peduli Anak dan Ibu (JAMA-PAI).

“Nah, sebenarnya program proyek itu sudah masuk program JAMA-PAI. JAMA-Pai itu kan kearifan lokal bareng-bareng gotong-royong di situ pilar-pilarnya ada. Nah, kalau kita melihat bagaimana merancang pembangunan,” imbuhnya.

Senada diungkapkan, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Metro, Eko Hendro Saputra mengatakan, berterima kasih Kepada Pemkot Metro, atas sosialisasi PHBS pada kegiatan tersebut. Dirinya juga memberikan perhatian serius kepada ASN di Bumi Sai Wawai. Salah satunya deteksi sejak dini penyakit tidak menular.

“Jangan sampai sampai ASN kita sendiri, yang sebagai tulang punggung Pemkot Metro, tidak sehat, tidak bugar. Ini semua kan meningkatkan produktifitas, jangan sampai ASN kita, tidak terdeteksi penyakitnya, tidak diobati semuanya,” terangnya.

Selain itu, kata dia, dalam hal ini rutin dilakukan setiap bulan untuk di masyarakat Kota Metro serta mendukung visi misi Kota Metro mendatang.

“Supaya mimpinya Kota Metro visinya benar-benar terwujud, Kota Metro berpendidikan, sehat, sejaktera dan berbudaya, didukung oleh ASN yang sehat dan berkualitas,” ucapnya.

Diketahui, aplikasi SIPGAR merupakan, aplikasi pencatatan pemeriksaan kondisi fisik seseorang yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu, menggunakan metode Rockpord. Yang artinya salah satu metode pengukuran kebugaran jasmani, dengan menghitung waktu tempuh seseorang saat menempuh lintasan 1600 Meter. (Red)

Bagikan Ke

About Redaksi Sundalanews

Check Also

DINKES IKUTI JURU PROMOSI OPD DALAM RANGKA MEMERIAHKAN KRUI FAIR 2024

PESISIR BARAT (SUNDALANEWS.COM) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) ikuti juru promosi Organisasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Find us on Facebook