TUMBUHKAN SEMANGAT NASIONALISME, POLRES PESAWARAN GELAR UPACARA HARI KEBANGKITAN NASIONAL KE-116

Pesawaran (sundalanews.com) – Polres Pesawaran menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke 116 dengan penuh khidmat pada pagi ini. Acara yang berlangsung di halaman Mapolres Pesawaran ini dihadiri oleh Waka Polres Pesawaran, KOMPOL Sugandhi Satria Nugraha, S.I.P., M.H., beserta jajaran pejabat Polres lainnya seperti para Kabag, Kasat, dan Kasie Polres Pesawaran. Senin (20/05/2024) pagi.

Upacara ini melibatkan beberapa pleton, yakni Pleton Gabungan Staff, Pleton Sat Lantas, Pleton Bhabinkamtibmas, Pleton Gabungan Reskrim dan Sat Narkoba, Pleton Sat Intelkam, serta Pleton Gabungan ASN. Kehadiran para personel dalam susunan pasukan upacara tersebut menambah semarak dan kekhidmatan acara.

Dalam upacara ini, Waka Polres Pesawaran, KOMPOL Sugandhi Satria Nugraha, S.I.P., M.H., membacakan amanat dari Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Beliau mengajak para peserta upacara untuk merenungi kembali gagasan awal yang melandasi terbentuknya Indonesia. Amanat tersebut menekankan pentingnya memahami sejarah bukan hanya sebagai sensasi politik atau sumber keteladanan nilai semata, melainkan sebagai percakapan yang terus-menerus tentang kemajuan, kemanusiaan, dan kesejahteraan.

Dalam amanatnya, disebutkan pula peran penting organisasi Boedi Oetomo, yang didirikan pada 20 Mei 1908. Organisasi ini menjadi cikal bakal perjuangan kemerdekaan Indonesia dan tempat belajar serta berdiskusi mengenai pentingnya pendidikan dan memperluas keanggotaan yang mencakup seluruh rakyat Hindia Belanda. Selain itu, Kartini, dengan gagasan-gagasannya tentang kebebasan, kesetaraan, keadilan, persaudaraan, dan kemajuan, disebut sebagai inspirasi penting bagi kebangkitan nasional.

Menteri Komunikasi dan Informatika juga menggarisbawahi pentingnya pengelolaan bonus demografi dan adopsi teknologi digital untuk mencapai “Indonesia Emas” pada tahun 2045. Transformasi digital dianggap sebagai kunci untuk menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung pertumbuhan ekonomi. Beliau mengajak seluruh komponen bangsa untuk bekerja bersama menghadapi tantangan dan peluang zaman baru, terutama dengan kemajuan teknologi yang pesat.

Di tempat terpisah, Kapolres Pesawaran AKBP Maya Henny Hitijahubessy, S.H., S.I.K., M.M, menghadiri upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional di Pemkab Pesawaran. Beliau hadir bersama Bupati Pesawaran dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Pesawaran. Kehadiran Kapolres Pesawaran di acara tersebut menunjukkan sinergi yang kuat antara Polres Pesawaran dengan pemerintah daerah dalam memperingati hari bersejarah ini.

Upacara di Polres Pesawaran diakhiri dengan doa bersama untuk kemajuan dan kesejahteraan Indonesia. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional di Polres Pesawaran diharapkan dapat membangkitkan semangat nasionalisme dan kerja keras di kalangan anggota Polri dan masyarakat Pesawaran.

Bagikan Ke

About Redaksi Sundalanews

Check Also

Buka Pelatihan Penulisan Khotbah Jumat, Novriwan Jaya Minta Materi Penyampaian Khotbah Diatur

Tubaba (sundalanews.com) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Ir. Novriwan Jaya, S.P. membuka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Find us on Facebook