Polres Tanggamus Amankan Perayaan Waisak 2568 BE di Vihara Dharma Agung

Tanggamus (sundalanews.com) – Perayaan Waisak di Tanggamus berlangsung dengan khidmat dan lancar dengan pengamanan ketat yang disiapkan oleh Polres Tanggamus. Waisak dipusatkan di Vihara Dharma Agung, Kelurahan Baros, Kecamatan Kota Agung, tersebut dihadiri sejunlah umat Buddha setempat, Sabtu 18 Mei 2024, malam.

Dalam upayanya untuk memastikan keamanan dan kelancaran perayaan itu, Polres Tanggamus mengerahkan 50 personel yang terdiri dari berbagai satuan. Pengamanan ini dipimpin langsung oleh Kompol Mujiono, SE yang bertindak sebagai Perwira Menengah Pengawas.

Bersamaan dengan malam akhir pekan, usai pengamanan tim tersebut juga langsung bergerak melakukan patroli ke wilayah barat Kabupaten Tanggamus sebagai langkah mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas.

Kapolres Tanggamus AKBP Rinaldo Aser, SH. SIK. MSi melalu Kasi Humas AKP M. Yusuf, SH mengatakan menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk memastikan bahwa kegiatan Waisak dapat berjalan dengan tertib dan aman.

“Kami telah melakukan koordinasi dengan panitia penyelenggara dan tokoh masyarakat setempat untuk memastikan bahwa seluruh rangkaian acara dapat berjalan lancar,” kata AKP M. Yusuf usai kegiatan.

Perayaan Waisak, yang merupakan salah satu hari besar bagi umat Buddha, meliputi serangkaian kegiatan keagamaan seperti meditasi, doa bersama, dan prosesi ritual. Kegiatan tersebut dimulai sejak pagi hari dengan suasana yang khidmat dan penuh kebersamaan.

“Seluruh rangkaian acara mendapat pengawalan ketat dari petugas kepolisian, termasuk di area parkir dan akses masuk ke vihara,” ujarnya.

Kasi Humas menegaskan, bahwa pengamanan ini adalah bagian dari komitmen Polres Tanggamus dalam menjaga kerukunan antarumat beragama dan menciptakan suasana kondusif di wilayah hukumnya.

“Kami selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, terutama dalam momen-momen penting seperti perayaan Waisak ini. Kerjasama antara polisi dan masyarakat sangat penting untuk menjaga keamanan dan ketertiban,” tegasnya.

Ditambahkannya, perayaan Waisak berjalan lancar dan aman ini tentunya menjadi harapan semua pihak agar setiap kegiatan keagamaan dapat dilaksanakan tanpa adanya gangguan, serta mempererat rasa persaudaraan dan toleransi antarumat beragama di Indonesia.

“Usai kegiatan ini, kami juga melanjutkan patroli malam ke wilayah Wonsobo, BNS hingga Semaka. Hal ini dilakukan sebagai upaya Polres Tanggamus menciptakan Kamtibmas yang kondusif, terlebih sebentar lagi akan ada event World Surf League (WSL) Krui Pro Qualify Series 5000, mendatang,” tandasnya. (*)

Bagikan Ke

About Redaksi Sundalanews

Check Also

Buka Pelatihan Penulisan Khotbah Jumat, Novriwan Jaya Minta Materi Penyampaian Khotbah Diatur

Tubaba (sundalanews.com) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Ir. Novriwan Jaya, S.P. membuka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Find us on Facebook