Gubernur Arinal Djunaidi Melepas Jamaah Calon Haji Provinsi Lampung Tahun 1445 H/2024 M

BANDAR LAMPUNG (sundalanews.com) – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Melepas Jamaah Calon Haji Provinsi Lampung Tahun 1445 H/2024 M, di Gedung Madinatul Hujjaz. Asrama Haji Rajabasa, Islamic Center Provinsi Lampung, Sabtu (11/05/2024).

Gubernur menyatakan bahwa ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan bagi yang memiliki kemampuan fisik dan keuangan. Namun demikan, Ibadah haji bukanlah sekadar perjalanan fisik semata, tetapi juga merupakan perjalanan spiritual yang mendalam.

“Ibadah haji adalah perjalanan spiritual yang sangat mendalam, Setiap langkah yang diambil, setiap doa yang dikumandangkan, dan setiap ibadah yang dilakukan di Tanah Suci merupakan suatu keistimewaan yang tidak bisa digantikan dengan apapun,” ungkap Gubernur.

“Alhamdulillah pada tahun ini, kurang lebih dari 7.207 jamaah haji Lampung akan berangkat ke tanah suci. Saya atas nama pribadi maupun selaku Gubernur Lampung, mengucapkan selamat kepada para Jamaah Calon Haji Lampung tahun 1445 Hijriah yang akan memulai perjalanannya menuju Tanah Suci,” lanjut Gubernur.

Gubernur berpesan agar para calon jamaah haji untuk tetap istiqomah dalam beribadah dan tetap tawadhu. Karena menurut Gubernur, gelar haji yang akan didapatkan nanti, seyogyanya dapat menjadi tanda syukur sekaligus penjaga moral.

“Menyandang gelar haji dapat mengingatkan saudara-saudara untuk senantiasa berlaku baik dan menjaga akhlakul karimah,” ucapnya.

Selain itu Gubernur juga berpesan agar jemaah calon haji yang akan berangkat untuk dapat mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, beradaptasi dan membaur dengan seluruh Jamaah Calon Haji yang lainnya, menjadi duta yang baik bagi negara, menjaga kondisi kesehatan, kondisi fisik, jaga pola makan dan ikuti arahan petugas haji serta hendaknya dapat fokus pada kegiatan beribadah sehingga mampu melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan sebaik-baiknya.

“Saya juga berharap kepada seluruh Jamaah Calon Haji, dengan segala kerendahan hati agar menyelipkan do’a khusus untuk kita semua yang ada di Tanah Air, khususnya Provinsi Lampung tercinta, agar senantiasa rukun, harmonis, damai, aman, dan sejahtera dalam bingkai keberagaman dan kebersamaan, menuju terwujudnya Lampung Berjaya,” pinta Gubernur.

“Jangan lupa doakan juga semoga tahun depan Bandara Kita sudah Internasional, sehingga berangkat haji tidak perlu lagi lewat Jakarta, tapi langsung dari Lampung,” ucapnya.

Gubernur juga meminta kepada seluruh Petugas, baik Tim Petugas Haji Daerah (PHD), Petugas Kloter, Petugas Kesehatan, maupun Petugas Pembimbing Ibadah Haji, agar memberikan pelayanan dan pendampingan yang optimal dan terbaik bagi seluruh Jamaah Calon Haji Lampung, baik itu selama berada di Asrama, di Tanah Suci, dan pada saat kembalinya nanti ke Tanah Air.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Puji Raharjo S.Ag., S.S., M.Hum., dalam laporannya menyampaikan bahwa Jamaah Haji Provinsi Lampung yang akan diberangkatkan melalui Embarkasi Jakarta Pondok Gede Tahun 1445 H/ 2024 M berjumlah 7.207, sampai dengan batas akhir masa pelunasan pada tanggal 11 Mei 2024.

Adapun Petugas Haji yang berangkat yakni Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter 95 orang, Petugas Haji Daerah 46 orang dan pembimoing KBIHU sebanyak 9 orang.

Pada kesempatan tersebut Kakanwil Agama Provinsi Lampung berpesan kepada Jemaah Calon Haji Lampung untuk tetap menjaga kekompakan dan kerjasama yang baik antar sesama jamaah, menjaga kesehatan, terutama menjelang puncak haji wukuf di Arafah, Muzdalifah dan Mina, juga untuk selalu mematuhi aturan-aturan, baik yang diatur oleh pemerintah Indonesia ataupun pemerintah Arab Saudi dan jaga nama baik negara.

“Saya selaku Kepala staf urusan Penyelenggaraan Ibadah Haji Embarkasi Antara tahun 1445 H / 2024 M, mengucapkan terima kasih yang tak terhingga Kepada bapak Gubernur, Selaku Koordinator PPIH Embarkasi Antara Lampung yang telah banyak memberikan arahan dan dukungan kepada kami dalam melaksanakan tugas memberikan pelayanan terbaik kepada para Jemaah haji,” ucap Puji Raharjo.

Selain itu menurut Kakanwil, Gubernur Arinal juga telah memberikan bantuan berupa Buku Saku yang berisi ringkasan do’a tentang haji dan umroh serta tips menjaga kesehatan selama melaksanakan ibadah haji dan umroh. Kemudian Gubernur juga memberikan bantuan ongkos transit daerah untuk seluruh Jamaah Haji Provinsi Lampung, sebesar Rp.1 juta untuk setiap jamaah dari total biaya yang seharusnya Rp.4 juta.

“Terimakasih banyak Pak Gubernur atas bantuannya, terimakasih juga kami sampaikan kepada Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung yang telah menfasilitasi dan memberikan dukungan keberangkatan jamaah dari daerah menuju ke Asrama Haji Embarkasi Antara dengan tertib dan lancar, tidak lupa kami ucapkan terimakasih juga kepada seluruh Bank penerima setoran BPΙΗ, Dinas Instansi dan semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan ini,” tutup Puji Raharjo. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).

Bagikan Ke

About Redaksi Sundalanews

Check Also

Gubernur Arinal Lakukan Peletakkan Batu Pertama Pembangunan Bedah Rumah

LAMPUNG UTARA (sundalanews.com) – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melakukan peletakan batu pertama pembangunan bedah rumah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Find us on Facebook