Gubernur Arinal Djunaidi Hadiri Pengajian Bersama Masyarakat Tanggamus dan Berikan Sejumlah Bantuan

TANGGAMUS (sundalanews.com) – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menghadiri Pengajian Akbar yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Lampung dalam rangka Halal Bihalal Gubernur Lampung bersama masyarakat Tanggamus di Lapangan Pekon Margoyoso, Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Tanggamus, Selasa (07/05/2024).

“Sungguh merupakan suatu kebahagiaan bagi saya dapat bertemu dengan warga masyarakat Tanggamus yang saya cintai untuk bersama-sama mengikuti pengajian ini,” ucap Gubernur.

Menurut Gubernur acara pengajian akbar ini merupakan momentum yang luar biasa untuk mempererat tali silaturahmi antara dirinya dan masyarakat Tanggamus, selain itu juga menjadi wadah untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Dalam sambutannya Gubernur juga menyampaikan beberapa hal, diantaranya Gubernur mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama terus membangun kehidupan masyarakat yang baik, yakni masyarakat yang religius, khususnya sebagai umat Islam, disamping menjalankan rukun Islam juga menjalankan syariat Islam.

“Mari kita tunjukkan Islam yang Rahmatan Lil Alamin, Islam yang cinta damai, berkasih sayang yang menjunjung tinggi nilai-nilai ukhuwah sesuai dengan tuntunan Baginda Rasulullah SAW,” ucapnya.

Kedua, Gubernur juga berpesan untuk menjaga dan membangun kehidupan yang aman, tentram, stabil dan damai, jangan sampai terpecah belah karena perbedaan pilihan politik.

“Marilah kita bersama-sama merekatkan persaudaraan, persatuan dan kerukunan di antara kita,” ajak Gubernur.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur juga mengucapkan selamat kepada Kabupaten Tanggamus yang baru saja memasuki usianya ke-27 tahun, menurut Gubernur Kabupaten Tanggamus memiliki segala kekayaan potensi yang menjadi bagian dari kekayaan alam dan keberagaman budaya yang dimiliki oleh Provinsi Lampung.

“Alhamdulillah berkat koordinasi dan sinergitas yang selama ini berjalan dengan baik pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tanggamus terus mengalami peningkatan,” ungkap Gubernur.

Gubernur juga mengatakan bahwa 27 tahun lalu, Kabupaten Tanggamus lahir dengan cita-cita besar untuk menjadi salah satu pilar pembangunan di Provinsi Lampung. Dalam rangka peringatan hari jadi Kabupaten Tanggamus ini, Pemerintah Provinsi Lampung memberikan hadiah dengan berbagai bantuan, diantaranya yakni :

  1. Pembangunan Infrastruktur diberikan bantuan berupa jalan, jembatan serta infrastruktur lainnya TA. 2024 yaitu :
  • Preservasi Jalan Ruas Ngarip – Ulu Semong (Ruas Prioritas),
  • Rehabilitasi Jalan Ruas Kuripan – Sp. Kota Agung,
  • Preservasi Jalan Ruas Talang Padang Ngarip,
  • Preservasi Jalan Ruas Ngarip – Ulu Semong,
  • Rekonstruksi Jalan Ruas Sukamara Kuripan,
  • Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I. Way Ngarip dan D.I. Way Semangka, Pembangunan/Rehabilitasi Bendung, Pembangunan Bendung Way Semuong Kecamatan Bandar Negeri Semuong, dll
  1. Bantuan dalam bidang pendidikan :
    Bantuan Gubernur Lampung Tahun 2024 Untuk SMK di Kabupaten Tanggamus sebesar Rp.17.138.332.000,- yang terdiri dari :
  • Pembangunan dan Rehab: Rp. 12.438.332.000,-
  • Pengadaan Alat TIK Rp. 200.000.000,-
  • Pengadaan Alat Praktik Rp. 4.500.000.000,-
  • BOSDA SMK Rp. 436.800.000,-
  1. Bantuan Gubernur Lampung Tahun 2024 Untuk SMA di Kabupaten Tanggamus sebesar Rp. 9.800.620.000,- yang terdiri dari :
  • Pembangunan dan Rehab : Rp. 9.366.620.000,-
  • Pengadaan Alat TIK Rp. 200.000.000,-
  • BOSDA SMA Rp.234.000.000,-
  1. Untuk peningkatan produksi padi di Kabupaten Tanggamus berupa : Irigasi perpompaan 10 unit; Bantuan untuk bibit durian sebanyak 1.500 batang; Bantuan 75.000 Ekor Benih Ikan Nila dan 600 kg Pakan Ikan Untuk 5 Kelompok Pembudidaya Ikan; Untuk pengembangan kawasan manggis sebanyak 1.000 batang; Pupuk organik sebanyak 30.000 kg; Pupuk NPK sejumlah 1.500 kg;
  2. Untuk kelompok tani di Kabupaten Tanggamus diberikan Demplot Pemupukan Berimbang 4,5 ha terdiri dari pupuk majemuk 1.800 kg, pupuk dolomit 17.100 kg dan pupuk KNO3 900kg. Operasi pasar : Beras Murah (kuota per-OP 5-10 ton 1.000-2.000 kantong, isi 5 kg/kantong); Beras 5 ton, minyak goreng, tepung dan gula; Bantuan Bank Sampah : sejumlah 2 kontainer sampah; Penyerahan sertifikat halal;
  3. Bedah rumah senilai Rp. 20 jt untuk 2 rumah;
  4. Bantuan telur kepada 5 ponpes dengan jumlah telur 3.600 butir;
  5. Dua (2) bantuan masjid, 3 mushola;
  6. Bantuan kepada Sepuluh (10) anak yatim;
  7. Beras sebanyak 150 sak;
  8. Penyediaan Pelayanan Kesehatan Khusus (Cuci Darah);
  9. Pengadaan bibit produktif.

Melalui berbagai bantuan yang diberikan tersebut, diharapkan dapat mendukung berbagai program pembangunan yang telah dirancang oleh Pemerintah Kabupaten Tanggamus. Dengan kerja sama yang solid, akan dapat dicapai kemajuan yang berkelanjutan dan merata di seluruh wilayah.

“Tentunya, bantuan ini juga harus diimbangi dengan komitmen dan kerja keras dari seluruh pihak terkait, baik itu pemerintah daerah, masyarakat, maupun sektor swasta. Mari kita terus bekerja sama dengan semangat Begawi Jejama dan tekad yang tinggi untuk melanjutkan perjalanan pembangunan ini,” tutup Gubernur.

Sementara itu Pj Bupati Tanggamus Ir. Mulyadi Irsan MT., SH mengawali sambutannya dengan mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Lampung dan rombongan di Kabupaten Tanggamus, khususnya di Pekon Margoyoso Kecamatan Sumberejo.

“Kehadiran Bapak Gubernur disini, selain dalam rangka pengajian akbar dan halal bihalal juga untuk mempererat tali silaturahmi antara umaro dan masyarakat sekaligus menjadi pengobat rindu masyarakat Kabupaten Tanggamus kepada Bapak Gubernur Lampung,” ucap Mulyadi.

“Harapannya dengan pertemuan ini, akan terbentuk ruang lingkup kepedulian sosial yang senantiasa menjunjung tinggi ukhuwah yang utuh tanpa ada sekat jabatan, suku, bangsa, dan agama,” lanjutnya.

Lebih jauh, Mulyadi Irsan juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Provinsi Lampung dibawah kepemimpinan Gubernur Arinal Djunaidi, yang telah memberikan perhatian setinggi-tingginya dan melaksanakan pembangunan di Kabupaten Tanggamus.

Menurut Mulyadi, berdasarkan Data Distribusi dan Lokasi Program/Kegiatan Provinsi Lampung di Kabupaten Tanggamus di Tahun 2024, tercatat sebesar 295,3 Milyar Rupiah yang terdiri dari 230,2 Milyar Rupiah bersumber dana dari APBD Provinsi Lampung dan 65,1 Milyar Rupiah yang bersumber dari DAK, Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan. Adapun anggaran yang dialokasikan tersebut kemudian dilaksanakan oleh 30 Perangkat Daerah Provinsi Lampung untuk pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Tanggamus.

Pada kegiatan ini, Pemerintah Provinsi Lampung mengundang Ust Asep Kholis Nurjamil, SH.i.,M.Kom.i untuk memberikan tausiah dan memimpin doa bersama.

Selain Pengajian Akbar, Pemerintah Provinsi Lampung juga menggelar Operasi Pasar Beras Medium 1000 ton yang didistribusikan keseluruh Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung.

Operasi pasar tersebut digelar dalam rangka pengendalian inflasi di Provinsi Lampung. Selain beras medium yang dijual dengan harga Rp.54.500/5kg, Tepung Terigu seharga Rp.8000/kg, Minyak Goreng seharga Rp.12.500/Liter, dan Gula Pasir seharga Rp.15.000/kg. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).

Bagikan Ke

About Redaksi Sundalanews

Check Also

Berkas Perkara Pelaku Curat R4 di Pesibar Dilimpahkan ke Kejaksaan

Pesisir Barat (sundalanews.com) – Sat Reskrim Polres Pesisir barat melaksanakan Tahap II / pelimpahan tersangka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Find us on Facebook