Tiyuh Murni Jaya Bakal Jadi Sentra Ternak Kambing

TUBABA (sundalanews.com) – Tiyuh Murni Jaya, Kecamatan Tumijajar, direncanakan dalam beberapa tahun kedepan akan menjadi sentra ternak kambing jenis Cross Boer. Hal ini disampaikan Sarjoni selaku kepala Tiyuh Murni Jaya, Jumat (19/4).

Dia beralasan, ternak kambing hasil persilangan antara kambing Boer dan kambing lokal tersebut, memiliki nilai ekonomis yang cukup menjanjikan sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Tahun lalu kami telah memulai dengan membina lima kelompok ternak yang tersebar di tiga RT. Namun, kedepan akan kami satukan dalam satu kelompok di dalam satu lokasi dan dikelola oleh BUMTIyuh, hanya saja saat ini kami sedang mencari lokasi yang tepat,” kata dia.

Ketua APDESI Kecamatan Tumijajar ini juga menambahkan, pihaknya telah berkomunikasi dengan sejumlah pengusaha yang akan menjadi mitra bagi pemasaran kambing tersebut.

Terkait anggaran untuk program itu, nantinya akan diambil dari dana desa dan dilakukan secara bertahap.

“Karena anggaran yang terbatas tentunya tidak bisa kita laksanakan sekaligus, tapi bertahap dan berkesinambungan,” terangnya.

Sementara mengenai realisasi anggaran dana desa tahun 2024, Sarjoni menjelaskan bahwa pihaknya baru menerima tahap satu sebanyak 40 persen.

“Dari dana 40 persen itu kami sudah merealisasikan untuk pembangunan Tanggul Penahan Tanah (TPT) yang terletak di areal persawahan dan gorong2, serta pembagian Bantuan Langsung Tunai untuk 10 KPM dari Januari hingga Maret 2024, masing-masing sebesar 900 ribu,” pungkasnya. (Ade)

Bagikan Ke

About Redaksi Sundalanews

Check Also

Berkas Perkara Pelaku Curat R4 di Pesibar Dilimpahkan ke Kejaksaan

Pesisir Barat (sundalanews.com) – Sat Reskrim Polres Pesisir barat melaksanakan Tahap II / pelimpahan tersangka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Find us on Facebook