Sinergi Pemerintah Tiyuh dan Polsek Tumijajar Cegah DBD, Lakukan Fogging di Tiyuh Karta Raharja

TUBABA (sundalanews.com) – Polsek Tumijajar Polres Tulang Bawang Barat, bersama Pemerintah Tiyuh (Desa) bahu-membahu melakukan fogging di tiyuh Karta Raharja, Kecamatan Tulang Bawang Udik, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Sabtu (27/4/2024) pagi.

Kegiatan ini merupakan langkah antisipasi untuk mencegah mewabahnya virus demam berdarah dengue (DBD) yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus.

Sasaran fogging meliputi rumah-rumah warga, bangunan sekolah, serta tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

Kapolsek Tumijajar IPTU Yessi Pebruara, S.H mengatakan, bahwa kegiatan fogging yang melibatkan anggota Bhabinkamtibmas Polsek Pecangaan yang dilakukan di tiyuh Karta Raharja.

“Fogging ini kerja sama Pemerintah Tiyuh (desa) dengan Polsek Tumijajar melalui Bhabinkamtibmas, sebagai langkah pencegahan penyebaran nyamuk dewasa yang pembawa penyakit Demam Berdarah di Kabupaten Tulang Bawang Barat,” ujar Kapolsek Tumijajar.

IPTU Yessi juga menuturkan dalam beberapa pekan terakhir ini Lampung khususnya di Kabupaten Tulang Bawang Barat dilanda Hujan sehingga menimbulkan banjir di pemukiman warga yang berada di dataran rendah.

“Genangan air bisa menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk ini dapat ditemukan di tumpukan sampah ataupun genangan air. Telurnya juga dapat bertahan dalam jangka waktu yang Panjang,” jelasnya.

Dikatannya lagi, Dan menjadi salah satu cara yang dinilai efektif untuk membunuh nyamuk Aedes aegypti dewasa yakni adalah fogging atau pengasapan.

Tujuannya adalah untuk membunuh sebagian besar nyamuk yang infektif dengan cepat.

Disamping memutus rantai penularan, juga menekan jumlah nyamuk agar risiko penyakit DBD juga menurun.

“Fogging dilakukan di tiyuh Karta Raharja dengan dilakukannya fogging tersebut tidak lain guna mencegah merebaknya penyakit DBD di daerah binaan. Nantinya tidak menutup kemungkinan di Tiyuh lain juga perlu dilaksanakan fogging, sehingga warga masyarakat di Kabupaten Tulang Bawang Barat khususnya Kecamatan Tulang Bawang Udik tidak terserang Demam Berdarah,” terangnya.

“Kami dari Polsek Tumijajar mengingatkan kepada warga masyarakat untuk berprilaku hidup sehat dan lebih peduli peduli terhadap lingkungan serta menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya dengan langkah 3M, yaitu menguras, menutup dan mengubur barang barang yang tidak diperlukan sehingga tidak terdapat genangan air sehingga aman dari kembang biaknya nyamuk Aedes aegypti,” imbau Kapolsek Tumijajar.(humas_tubaba).

Bagikan Ke

About Redaksi Sundalanews

Check Also

Ciptakan WILA Trip, Tiga Mahasiswa Jurusan Bisnis Digital Darmajaya Raih P2MW 2024

BANDAR LAMPUNG (sundalanews.com) – Tiga mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya membuat aplikasi layanan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Find us on Facebook