SEPTI HERI AGUSNAENI SERAHKAN SANTUNAN LANSIA

PESISIR BARAT (SUNDALANEWS.COM) – Ketua Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Septi Heri Agusnaeni, S.E., M.H., menyerahkan santunan terhadap masyarakat Lanjut Usia (Lansia) dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-28.

Hari ini, Selasa (25/6/2024), penyerahan bantuan tersebut dipusatkan di dua lokasi berbeda yakni di Balai Pekon Way Sindi Kecamatan Karya Penggawa yang dihadiri oleh masyarakat lansia dari empat kecamatan, diantaranya Kecamatan Pesisir Tengah sebanyak 23 orang, Way Krui sebanyak 28 orang, Karya Penggawa sebanyak 28 orang, dan Pulau Pisang sebanyak 15 orang.

Sementara lokasi kedua yakni di Balai Pekon Walur Kecamatan Pesisir Utara dengan dihadiri masyarakat lansia dari Kecamatan Lemong sebanyak 30 orang, dan Pesisir Utara 30 orang.

Kegiatan tersebut juga dihadiri perwakilan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemkab Pesibar, Camat, dan jajaran TP-PKK.

Dalam sambutannya, Ketua TP-PKK , Septi Heri Agusnaeni menyampaikan bahwa lansia adalah satu kondisi yang dilewati oleh manusia yang merupakan tahapan dimana individu pada usia tertentu. “Dikategorikan sebagai lansia awal yaitu antara 60 sampai 74 Tahun, lansia pertengahan yaitu usia 74-84 Tahun, serta lansia akhir dengan usia 85 Tahun atau lebih,” ungkap Ketua TP-PKK, Septi Heri Agusnaeni.

Menurut Ketua TP-PKK, Septi Heri Agusnaeni, menjadi seorang lansia dengan segenap keterbatasan dan penurunan aspek biologis, sosial dan psikologi pasti akan terus dirasakan, pada masa tersebut akan dihadapkan pada kemunduran raga/ biologis, mental serta sosial secara berangsur-angsur.

“Prevalensi World Health Organization (WHO) 2021 menyatakan terdapat 65,6 juta orang lansia diseluruh dunia mengalami gangguan fungsi Kognitif. Di Indonesia, terkait kondisi lansia terhadap gangguan fungsi kognitif berada di angka 121 juta dengan persentase 5,8 persen laki-laki dan 9,5 persen perempuan,” Septi

“Selamat Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-28 yang diperingati setiap 29 Mei, semoga semua masyarakat lansia yang hadir selalu dalam lindungan Allah SWT, dipanjangkan umurnya dan menjadi lansia bahagia, sehat, serta produktif,” imbuh Septi

Menurut Ketua TP-PKK, Septi Heri Agusnaeni santunan lansia menjadi agenda rutin tahunan yang masuk dalam program kerta TP-PKK Pesibar. “Program tersebut merupakan upaya TP-PKK Pesibar dalam meningkatkan silaturahmi dan kepedulian terhadap masyarakat Pesibar, khususnya masyarakat yang mulai memasuki lansia,” pungkasnya. (Humas)

Bagikan Ke

About Redaksi Sundalanews

Check Also

Kunker di Kota Metro, Ini Kata Kemenko PMK RI

Metro (sundalanews.com) – Kota Metro meraih empat besar terbaik Implementasi Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Find us on Facebook