Satgas Pangan Polda Lampung Pastikan Hewan Kurban Bebas Penyakit dan Layak Untuk Idul Adha 1445 H

LAMPUNG (sundalanews.com) – Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polda Lampung melaksanakan giat pemantauan penyebaran penyakit dan kelayakan hewan kurban di Kota Bandar Lampung, Rabu (12/6/24).

Kasubdit I Indagsi Ditreskrimus Polda Lampung Kompol Ach. Denny Wahyudi, S.H., S.I.K., M.H., memimpin jalannya kegiatan pengecekan hewan kurban oleh tim satgas pangan.

Adapun tim tersebut meliputi dinas peternakan dan kesehatan hewan, dinas pertanian Kota Bandar Lampung, balai karantina hewan ikan tumbuhan Lampung, balai Veteriner Lampung di wilayah Kota Bandar Lampung, organisasi terkait (PDHI, ISPI, Paravetindo) dan akademisi (Unila, UTB, Polinela).

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi mengatakan, Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan kesehatan dan kelayakan hewan yang akan dijadikan kurban sesuai dengan standar kesehatan hewan yang ditetapkan dan sesuai juga dengan syariat Islam.

“Pelaksanaan pengecekan dilakukan di beberapa tempat yaitu Lapak kurban Suwardi di teluk, UD. HM Perdana Kemiling dan beberapa lokasi di way halim Bandar Lampung” ujar Umi kamis 13/6/24

Sementara itu Kompol Deny menambahkan “Kami satgas pangan Polda Lampung bersama stakeholder terkait memastikan ketersediaan stock dan kelayakan hewan kurban dalam rangka menghadapi hari raya Idul Adha 1445 Hijriah. Dari tempat-tempat yang kami sidak, tidak ada temuan sehingga diharapkan masyarakat Bandar Lampung dapat melakukan kurban dengan baik dan nyaman.” Ucapnya

Satgas Pangan Polda Lampung bersama stakeholder terkait pun tidak memantau dan melaksanakan pemeriksaan hanya di wilayah lingkup Bandar Lampung, tetapi seluruh kabupaten di Provinsi Lampung.

Dari keterangan kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan Prov. Lampung Ir. Lili Mawarti, M.Si., untuk stock sapi dan kerbau ada 33.303 ekor sedangkan kebutuhan 24.298 jadi surplus 9015 ekor.

“Untuk stock kambing domba ada 62.247 ekor dan kebutuhan 54.505 ekor jadi surplus 7704 ekor. Semua stock ini cukup untuk kebutuhan Jabodetabek dan Sumatera” ungkapnya

Dari sidak kali ini bahwa tidak ada temuan hewan cacat, untuk ketersediaan dan kesehatan serta kelayakan hewan-hewan kurban dinilai baik untuk perayaan Idul Adha 1445 H tahun 2024.

Bagikan Ke

About Redaksi Sundalanews

Check Also

Kunker di Kota Metro, Ini Kata Kemenko PMK RI

Metro (sundalanews.com) – Kota Metro meraih empat besar terbaik Implementasi Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Find us on Facebook