Panen Semangka, Kapolres Lampung Tengah Memanfaatkan Lahan Polres Untuk Bercocok Tanam

Lampung Tengah (sundalanews.com) – Dibawah kepemimpinan Kapolres AKBP Andik Purnomo Sigit, S.H., S.I.K., M.M, lahan kosong yang dimiliki Polres, berlokasi di belakang kantor Polres Lampung Tengah, kini dikelola (sebagai edukasi personel) menjadi area agrikultur pertanian.

Sesuai dengan sertifikat tanah No. B 03.04.06.4.00007 bahwa lahan yang sekarang dipakai oleh polres adalah resmi dan sah dipergunakan untuk Polres Lampung Tengah.

Adapun penggunaannya dan lain lain, disesuaikan kebutuhan organisasi Kepolisian yang tentunya sesuai dengan aturan yang berlaku dan dilaporkan pada Kesatuan atas.

“Hal ini dilakukan agar manfaatnya bisa dirasakan kepada personel dan untuk Kesatuan, bukan untuk kepentingan pribadi,” katanya.

AKBP Andik menjelaskan, semenjak bertugas sebagai Kapolres Lampung Tengah, ia melihat lahan tersebut sudah tidak terawat dan terbengkalai.

Kondisi lahan itu seperti hutan belukar, banyak tumpukan sampah yang bertebaran disana yang menyebabkan sarang nyamuk (penyakit demam berdarah) dan bau tidak sedap.

“Bahkan, sudah 2 kali kebakaran yang hampir mengenai asrama perumahan anggota. Disana juga tempat ular berbisa yang membahayakan penghuni asrama dan kerap memakan hewan ternak (ayam) peliharaan anggota,” ujarnya.

Ditambah lagi, pada tanggal 9 Oktober 2023 lalu, tepat saat Lampung Tengah terdampak El Nino atau kemarau panjang, terjadi kebakaran di lahan tersebut.

“Sesuai dengan arahan Pimpinan untuk pemanfaatan lahan, maka timbulah suatu pemikiran dan ide sekaligus untuk mengedukasi anggota, memberdayakan lahan terbengkalai itu menjadi area yang punya nilai dan manfaat,” ungkapnya.

Kapolres mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Pimpinan, yang meminta seluruh jajaran Kepolisian untuk memanfaatkan lahan sebagai upaya ketahanan pangan, dengan bercocok tanam memanfaatkan lahan yang tidak terpakai.

Alhamdulillah, kata Kapolres, hari ini Kamis (6/6/24) pihaknya dengan didampingi Ibu Ketua Bhayangkari Cabang Lampung Tengah, Ny. Linda Andik beserta para PJU melaksanakan panen semangka.

Dimana, hasil daripada panen semangka tersebut, lanjutnya, akan di pergunakan untuk perbaikan lapangan tembak Wicaksana Laghawa, Masjid Jabal Rahmah dan pagar Mako yang roboh.

AKBP Andik berharap, apa yang telah dilakukan bisa menjadi pilot project atau percontohan untuk jajaran Polsek lainnya di wilayah hukum Polres Lampung Tengah untuk bisa berinovasi sesuai kondisi wilayah masing-masing.

“Sebagai contoh, ini sangat bagus, saya harap seluruh Polsek yang ada bisa melakukan hal yang sama bila perlu buat yang lebih baik lagi, dan bersinergi bersama masyarakat dengan memanfaatkan lahan yang ada,” demikian pungkasnya. (Humas LT)

Bagikan Ke

About Redaksi Sundalanews

Check Also

Walikota Metro Kurban Tiga Sapi dan Dua Ekor Kambing di TMII

METRO (sundalanews.com) – Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin melakukan penyembelihan hewan kurban miliknya yakni tiga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Find us on Facebook