Kepala Disnakertrans Kota Metro Sebut Sudah Mencapai Target Penurunan Angka Pengguran Dan Pengingkaran Produktivitas

Metro (sundalanews.com) – Pencapaian Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Metro dimasa kepemimpinan Walikota Metro Wahdi Sirajuddin, sudah mencapai target.

Tingkat pengangguran mengalami penurunan hal terlihat dari hampir keseluruhan berhasil ditetapkan dalam Rencana Strategis maupun yang diperjanjikan dalam Perjanjian Kinerja Kepala OPD dengan Kepala Daerah, dalam hal ini Walikota Metro hal tersebut diungkapkan oleh Budiono, Kepala Disnakertrans Kota Metro.

“Pada tahun 2023 Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kota Metro turun dari 4,34% menjadi 3,6%. Keberhasilan capaian tersebut terlihat dari pemilihan program dan kegiatan prioritas yang dilaksanakan yang dapat mengungkit pencapaian kinerja.” ungkapnya. Hal tersebut di ungkapkan Budiono saat ditemui awak media di ruang kerjanya.

Pada Tahun 2023 program yang dibesut oleh Walikota Metro Wahdi, lebih pada banyak program upaya peningkatan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja serta akses informasi bursa kerja bagi pencari kerja.

Pemerintahan Kota Metro melalui Disnakertrans untuk menurun angka penggurunan selalu akan solusi. Permasalahan-permasalahan para pencari kerja seperti, lapangan pekerjaan yang semakin terbatas, masih tingginya jumlah penggangguran, rendahnya tingkat pendidikan pencari kerja.

Budiono, mengatakan untuk menjawab hal tersebut pada Tahun 2022 program dan kegiatan Dianakertrans Kota Metro lebih banyak kepada upaya peningkatan kompetensi produktivitas tenaga kerja serta akses informasi bursa kerja begi pencari kerja.

Program tersebut yaitu, membuka job canvassing atau pendataan lowongan harga pada perusahaan-perusahaan di dalam dan di luar wilayah Kota Metro.

“Job canvassing dapat dilaksanakan langsung ke lokasi perusahaan maupun pencarian info lowongan kerja sade perusahaan di luar daerah melalui media online dan Bursa Kerja Kous,” ujarnya.

Selain itu untuk akses pencarian lowongan kerja Disnakertrans Kota Metro memberikan infomasi media.

“Bisa kita sebar luaskan kemasyarakat pencari kerja di Kota Metro, melalui media internet online, media elektronik (radio), pengumuman di papan ints pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Metro, surat Sekretaris Daerah ke kecamatan se Kota Metro,” bebernya.

Selanjut, untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja Disnakertrans juga memberikan Pelatihan berbagai Job Pekerjaan.

“Contohnya pada tahun ini seperti Desain Grafis dan Digital Marketing bagi pencari kerja di Kota Metro, kemarin sebanyak 40 orang sudah kita laksanakan,” tukasnya.

Dengan pelatihan ini diharapkan dapat terbentuk pencari kerja terlatih dan wirausaha baru di Kota Metro Bumi Sai Wawai.

Untuk penghargaan yang diperoleh oleh Disnakertrans Kota Metro antara,

  1. Juara 1 Paritrana Award Tk Provinsi Lampung Kategori Pemerintah Daerah dari BPS Provinsi Lampung tahun 2023 – 2024.
  2. Juara 1 Lomba Kelurahan Tk Provinsi Lampung dari Pemerintah Provinsi Lampung tahun 2023-24.
  3. Juara 1 Lomba Kelurahan Tk Regional 1 (Wilayah Sumatera) tahun 2023.
  4. Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha Kepada Walikota Metro atas prestasi dan Komitmen memajukan Kelurahan dari Kemendagri tahun 2023.
  5. Penghargaan terbaik 1 Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Provinsi tahun 2024.
    (Red)

Bagikan Ke

About Redaksi Sundalanews

Check Also

DINKES IKUTI JURU PROMOSI OPD DALAM RANGKA MEMERIAHKAN KRUI FAIR 2024

PESISIR BARAT (SUNDALANEWS.COM) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) ikuti juru promosi Organisasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Find us on Facebook