Itera Terima 3.081 Mahasiswa Baru Pada Jalur SNBT

Bandar Lampung (sundalanews.com) – Institut Teknologi Sumatera (Itera) menerima 3.081 calon mahasiswa baru dari jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) yang diumumkan serentak secara nasional, Kamis, 13 Juni 2024.

Calon mahasiswa tersebut, tersebar di 41 program studi (prodi) S1 Itera. Dari total calon mahasiswa baru yang diterima melalui jalur SNBT, sebanyak 1.062 (34,5%) merupakan pendaftar beasiswa KIP- Kuliah.

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Itera, Abdul Rajak, menyampaikan 3.081 peserta yang lolos merupakan hasil saringan dari 10.681 pendaftar SNBT di Itera.

Lima prodi dengan pendaftar terbanyak jalur SNBT tahun ini yaitu, Prodi Farmasi 1134 pendaftar, Teknik Pertambangan (1.083). Teknik Informatika (961), Teknik Industri (663), dan Teknik Sipil (492).

Sedangkan lima provinsi teratas asal peserta yang dinyatakan lolos SNBT Itera tahun ini, yaitu Lampung 1.291 orang (41,90%). Sumatera Utara 611 orang (19,83%), Sumatera Barat 246 orang (7,98%), Sumatera Selatan 245 orang (7,95%), dan Jawa Barat 244 orang (7,92%).

Rajak, menambahkan, bagi peserta yang dinyatakan lolos SNBT di Itera untuk mengisi data isian mahasiswa (DIM), yang berisi data pribadi. Keluarga, penghasilan orang tua, dan lainnya pada laman pendaftaran ulang. Jadwal pengisian DIM bagi calon mahasiswa baru jalur SNBT dengan jadwal 14 – 24 Juni 2024.

Pengisian DIM tersebut menjadi data untuk penetapan besaran uang kuliah tunggal (UKT) yang akan mahasiswa bayarkan.

Sementara, besaran UKT masing-masing calon mahasiswa pengumumanya pada 10 Juli 2024 melalui akun DIM calon mahasiswa.

Jalur Mandiri Bagi calon mahasiswa yang belum lolos SNBT, Itera juga masih membuka jalur mandiri.

Rajak menyebut, Jalur Seleksi Mandiri SMMPTN Barat yang pendaftarannya buka sejak 4 Mei – 20 Juni 2024.

Pada seleksi jalur SMM PTN-Barat, calon mahasiswa dapat memilih maksimal 4 (empat) program studi. Yakni yang tersebar di 25 perguruan tinggi negeri (PTN) yang tahun ini tergabung dalam program SMM PTN-Barat, termasuk Itera.

Minimal satu program studi harus memilih pada PTN tempat lokasi UTBK. Ia menyampaikan, 41 Program Studi di Itera membuka pendaftaran jalur SMM PTN Barat.

Itera mengalokasikan sebanyak 219 kuota calon mahasiswa baru untuk jalur SMM PTN-Barat tahun ini, yang tersebar di 41 prodi S1.

Abdul Rajak menjelaskan, calon peserta UTBK SMM PTN-Barat terlebih dahulu harus mendaftar secara daring.

Adapun biaya pendaftaran sebesar Rp 375.000,- membayar pada saat pendaftaran daring melalui bank mitra yang telah Itera tunjuk yaitu Bank Mandiri,BNI, BTN, dan BSI.

Sementara syarat pendaftar jalur SMM PTN Barat yaitu lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan paket C tiga tahun terakhir (lulusan 2022, 2023, dan 2024), yang telah memiliki ijazah.

Atau surat keterangan lulus yang memuat sekurang-kurangnya informasi jati diri, pas foto yang bersangkutan, serta cap yang sah.

Peserta tidak keterima melalui jalur SNBP dan SNBT atau peserta keterima melalui jalur SNBT, namun belum melakukan daftar ulang.

“Pelaksanaan tes UTBK SMM PTN Barat jadwalnya tanggal 27 Juni s/d 05 Juli 2024, dan Itera menjadi salah satu lokasi UTBK yang dapat peserta pilih,” ujar Razak dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 13 Juni 2024.

Selain SMMPTN Barat, Itera juga akan membuka jalur Ujian Seleksi Mandiri Prestasi Khusus (USM-PK).

Melalui jalur ini, Itera memberikan kesempatan kepada para lulusan SMA/SMK sederajat yang memiliki prestasi akademik dan non akademik untuk mengikuti tes. (ES)

Bagikan Ke

About Redaksi Sundalanews

Check Also

Pj Bupati Tulang Bawang Kukuhkan 628 Orang Sebagai Anggota BPK di 9 Kecamatan Kabupaten Tulang Bawang

Tulang Bawang (sundalanews.com) – Pj. Bupati Tulang Bawang Drs. Qudrotul Ikhwan, M.M., menghadiri acara Pengukuhan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Find us on Facebook