Gubernur Arinal Resmikan Gedung Perpustakaan Provinsi Lampung dan Buka Festival Literasi Tahun 2024

BANDAR LAMPUNG (sundalanews.com) – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meresmikan Gedung Perpustakaan Provinsi Lampung sekaligus membuka Festival Literasi Tahun 2024 Gedung Perpustakaan Provinsi Lampung, Kamis (2/5/2024).

Gedung Perpustakaan atau Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung ini berlokasi di Jalan Z.A Pagar Alam No.52, Bandar Lampung.

Bertajuk “Perpustakaan Bertransformasi, Literasi Maju, Lampung Berjaya” Peresmian Gedung Perpustakaan Provinsi Lampung ini juga dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024.

Arinal mengatakan kegiatan ini menjadi momen yang bersejarah karena merupakan langkah maju dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan budaya baca masyarakat Lampung.

Ia pun mengajak untuk mari bersama mewujudkan Literasi Maju, Lampung Berjaya untuk masa depan yang lebih cerah bagi generasi Lampung yang akan datang.

“Mari kita terus berkolaborasi, tingkatkan literasi demi Lampung Berjaya,” ujar Arinal.

Hadir pada acara ini, Bunda Literasi Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal dan Deputi Bidang Pengembang Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) Adin Bondar.

Arinal menjelaskan Lampung dengan kekayaan alam dan keberagaman budayanya, memiliki potensi besar untuk menjadi pusat literasi yang maju dan berjaya.

“Melalui festival ini, kita dapat mendorong semangat literasi di kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga dewasa, untuk terus belajar dan berkembang,” ujarnya.

Ia meminta seluruh komponen masyarakat, termasuk Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota, lembaga pendidikan, dunia usaha, dan masyarakat sipil, untuk bersatu dalam upaya meningkatkan literasi di Provinsi Lampung.

“Mari kita tingkatkan akses terhadap bahan bacaan yang berkualitas, baik melalui perpustakaan maupun media digital. Mari juga kita dorong kreativitas dan inovasi dalam mempromosikan budaya literasi,” katanya.

Dirinya meyakini dengan semangat kebersamaan dan kerja keras semua, Lampung akan menjadi contoh yang gemilang dalam literasi di tingkat nasional.

“Melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk lembaga pendidikan, komunitas literasi, dan sektor swasta, kami akan berupaya menciptakan ekosistem perpustakaan yang dinamis, inklusif, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembang Sumber Daya Perpustakaan, Perpusnas RI Adin Bondar menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Lampung atas gagasan yang sangat luar biasa terhadap upaya pengembangan layanan perpustakaan yang sangat megah dan representatif.

Ia menyebutkan hanya ada beberapa Provinsi di Indonesia yang memiliki layanan fasilitas perpustakaan semegah ini yaitu Sulawesi Tengah, Riau, DKI Jakarta dan Lampung.

“Kami sampaikan Bapak Gubernur, terima kasih banyak karena terbatas Pemerintah Provinsi yang membangun layanan fasilitas perpustakaan yang semegah ini dan salah satunya adalah Provinsi Lampung,” ujar Adin.

Adin mengatakan pihaknya sangat menyambut baik kebijakan-kebijakan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Lampung dalam upaya pengembangan kegemaran membaca dan literasi ditengah masyarakat.

“Ini adalah merupakan satu gagasan yang sangat luar biasa karena ketika masyarakat Indonesia menuju bonus demografi tahun 2045 maka kata kuncinya adalah penguasaan terhadap informasi, pengetahuan dan teknologi agar masyarakat kita menjadi produktif, inovatif, kreatif yang pada akhirnya kesejahteraan,” katanya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Riski Sofyan mengatakan melalui kegiatan ini untuk mendukung eksistensi dan keberadaan perpustakaan serta menumbuh kembangkan minat dan kegemaran membaca di Provinsi Lampung.

Selain itu, juga untuk melestarikan budaya daerah maupun lokal serta mendukung minat masyarakat dalam memperluas wawasan dan pengetahuan dengan berliterasi.

“Dengan sasaran untuk meningkatkan minat dan kegemaran membaca masyarakat Lampung serta meningkatnya budaya literasi agar menjadi masyarakat yang unggul dan berdaya saing,” ujar Riski.

Festival Literasi Tahun 2024 ini diselenggarakan mulai tanggal 2-3 Mei 2024 yang juga dimeriahkan Talk Show Literasi, Book Fair, Pameran Inklusi Sosial, Donor Darah dan Cek Kesehatan Gratis.

Dalam kesempatan itu, dilakukannya penandatanganan perjanjian kerjasama antara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Riski Sofyan dengan Perguruan Tinggi tentang Pemanfaatan Perpustakaan Daerah Provinsi Lampung.

Hadir pula pada kegiatan ini, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, Forkopimda, Anggota DPRD Provinsi Lampung Aprilliati, Budayawan Lampung Anshori Djausal, para Kepala OPD Pemerintah Provinsi Lampung dan Bunda Literasi Kabupaten/Kota.(Adpim)

Bagikan Ke

About Redaksi Sundalanews

Check Also

Gubernur Arinal Lakukan Peletakkan Batu Pertama Pembangunan Bedah Rumah

LAMPUNG UTARA (sundalanews.com) – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melakukan peletakan batu pertama pembangunan bedah rumah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Find us on Facebook