BUPATI RESMIKAN DUA GEDUNG BARU UPTD PUSKESMAS

PESISIR BARAT (SUNDALANEWS.COM) – Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H., meresmikan gedung baru Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Krui Selatan dan Way Krui, Senin (20/5/2024).

Peresmian yang diawali di UPTD Puskesmas Krui Selatan dan dilanjutkan UPTD Puskesmas Way Krui tersebut dihadiri Wakil Bupati, A. Zulqoini Syarif, S.H., Ketua Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pesibar, Septi Istiqlal, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Pesibar, L. Liastuti, S.Pd., M.M., para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pesibar, dan para Peratin dimasing-masing kecamatan.

Dalam sambutannya Bupati Agus Istiqlal mengatakan bahwa pembangunan kesehatan pada hakikatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang demi terwujudnya derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya sebagai investasi bagi pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

Dalam amanat Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 4 Tahun 2019 tentang standar tekhnis pemenuhan mutu pelayanan dasar pada Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang kesehatan.
“capaian kinerja pemerintah daerah dalam pemenuhan mutu setiap jenis pelayanan dasar pada SPM bidang kesehatan adalah 100 persen,” Kata Agus Istiqlal.

Ia menjelaskan, Pemkab Pesibar melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) berhasil menunjukkan komitmen dalam peningkatan mutu pelayanan bidang kesehatan dengan menambah sarana gedung baru, baik gedung pelayanan maupun gedung kantor, serta meningkatkan status puskesmas dari rawat jalan menjadi rawat inap sebagaimana tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan (Kepmenkes) Nomor: HK.01.07/Menkes/2099/2023 tentang data pusat kesehatan masyarakat teregistrasi semester 1 tahun 2023.

“Dengan peningkatan status pelayanan tersebut diharapkan masyarakat khususnya di Krui Selatan dan Way Krui mendapat pelayanan kesehatan yang lebih optimal, terutama dalam aspek pelayanan kuratif dasar,” ujarnya.

Momen peresmian gedung baru tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita oleh Bupati, didampingi Wakil Bupati dan Ketua TP-PKK. (Yus/Adi)

Bagikan Ke

About Redaksi Sundalanews

Check Also

Walikota Metro Kurban Tiga Sapi dan Dua Ekor Kambing di TMII

METRO (sundalanews.com) – Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin melakukan penyembelihan hewan kurban miliknya yakni tiga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Find us on Facebook