Bersama Unsur Gabungan, Polres Tanggamus Gelar Program Bersih Pantai di Dermaga Batu Balai

Tanggamus (sundalanews.com) – Polres Tanggamus, bersama unsur gabungan dari beberapa instansi terkait dan elemen masyarakat, menggelar program bersih pantai yang dipusatkan di Dermaga Batu Balai, Pekon Ketapang Kecamatan Limau, Selasa 14 Mei 2024.

Kegiatan bersih pantai ini tidak hanya fokus pada kebersihan fisik, tetapi juga meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan pantai, acara ini menjadi wujud nyata dari kolaborasi antara pemerintah, instansi terkait, dan masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kelestarian pantai.

Sampah plastik menjadi perhatian utama karena dampak jangka panjangnya terhadap lingkungan laut. Dengan kegiatan ini, diharapkan kesadaran masyarakat akan semakin meningkat, dan pantai-pantai di Tanggamus dapat terus menjadi destinasi wisata yang bersih, indah, dan mempesona.

Kegiatan ini merupakan inisiatif dari Satpolairud Tanggamus dan melibatkan puluhan personil gabungan dari berbagai instansi serta organisasi kemasyarakatan maritim yang peduli terhadap kebersihan pantai.

Dipimpin oleh Wakapolres Tanggamus, Kompol Agung Ferdika, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata, Suyanto, para pejabat utama Polres, sejumlah pejabat TNI AL, Basarnas, Kepala Pekon, Kommari, dan FWK-KT.

Dalam sambutannya, Wakapolres Kompol Agung Ferdika, SH. MH., mengatakan, pihaknya bersama-sama dari beberapa instansi dan elemen masyarakat melaksanakan giat sapu bersih pantai di wilayah Batu Balai.

“Tujuan kegiatan ini adalah menciptakan lingkungan pantai yang bersih dan nyaman. Kami bersinergi dengan dinas OPD, TNI, Basarnas, dan syahbandar serta semua elemen kami libatkan untuk bersama-sama menjaga kebersihan pantai,” kata Kompol Agung Ferdika mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Rinaldo Aser, SH. SIK. M.Si.

Kompol Agung menyebut, kegiatan itu dilakukan setelah pihaknya melihat lingkungan di daerah dermaga Batu Balai banyak dipenuhi sampah, terutama sampah plastik yang sangat lama untuk terurai. Berbeda dengan sampah organik lainnya.

“Kami menghimbau kepada masyarakat, baik yang berkunjung ke dermaga ini maupun yang memancing, untuk menjaga kebersihan, terutama tidak membuang sampah plastik sembarangan,” tandasnya.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Suyanto menambahkan, secara kolaboratif melaksanakan kegiatan bersih pantai dan Dinas Pariwisata Pemkab Tanggamus sangat mendukung kegiatan ini karena Tanggamus memiliki potensi pantai yang luar biasa.

“Tanggamus memiliki panjang pantai sekitar 202 kilometer yang merupakan potensi wisata yang luar biasa. Kami berharap pantai-pantai kita bersih, aman, dan laut kita tetap biru sehingga siapa pun yang datang ke Tanggamus dapat menikmatinya,” ucapnya.

Suyanto juga menegaskan pentingnya kesinambungan kegiatan ini sehingga masyarakat Tanggamus maupun dari luar dapat menikmati pesona pantai yang indah serta nyaman.

“Kami berharap kegiatan ini bisa ditindaklanjuti secara berkala dan melibatkan masyarakat sekitar, sehingga kita semua merasa memiliki pantai ini. Pantai kita dari Kiluan sampai Semaka memiliki potensi yang luar biasa,” ujarnya.

Ditambahkannya, untuk meningkatkan perhatian wisatawan pada wisata Tanggamus, Dinas Pariwisata Tangamus juga telah merencanakan akan memadukan potensi budaya lokal.

“Kededepannya akan dilaksanakan perpaduan budaya lokal, sehingga orang yang datang tidak hanya menikmati alam tetapi juga budaya lokal kita, yang menambah daya tarik wisata di Kabupaten Tanggamus.” tutupnya. (*)

Bagikan Ke

About Redaksi Sundalanews

Check Also

Walikota Eva Dwiana Lepas Tim Muhibah Budaya

Bandar Lampung (sundalanews.com) – Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana melepas Tim Muhibah Budaya Jalur Rempah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Find us on Facebook