Operasi Ketupat 2024, Kapolda Lampung Himbau Para Pemudik

LAMPUNG (sundalanews.com) – Polri mengingatkan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 fokus pada upaya perlindungan seluruh masyarakat yang mudik ke kampung halaman, termasuk apabila meninggalkan rumah kosong dan kendaraannya.

Kepedulian masyarakat itu sendiri dengan melaporkan kondisi tersebut kepada anggota yang bertugas di wilayah setempat.

Kapolda Lampung Irjen Pol.Helmy Santika menerangkan bahwa Operasi Ketupat 2024 tidak hanya fokus pada kegiatan-kegiatan Kamseltibcar lantas mudik dan kembali setelah pasca lebaran, akan tetapi juga dalam hal ini terkait pemeliharaan Kamtibmas. Maka di situ ada satgas preemtif dan satgas preventif.

“Operasi ketupat adalah operasi kemanusiaan, operasi yang menangani sejak disiapkannya para calon pemudik meninggalkan rumah”. Ungkap Helmy.

Helmy menyebutkan Polri bahkan turut membuat tips mudik,peringatan rambu-rambu di jalan, hingga mengkampanyekan berbagai informasi terbaru mengenai mudik dan mensosialisasikan keseluruhnya, baik di tingkat Polsek, Polres, Polda, bahkan Mabes Polri.

Salah satunya merupakan tindakan pencegahan seperti tips meninggalkan rumah yang dihimbau untuk dilaporkan ke pamong setempat dan polisi.

“Agar mengunci rumah dengan baik, jendela, kemudian mematikan listrik, air, kemudian juga kompor, kemudian menitipkan kepada tetangga atau lingkungan RT lingkungan setempat, dan kami hadir di tengah-tengah masyarakat” ungkap Helmy, Jumat (5/4/24).

Ada polisi, RW, ada Bhabinkamtibmas, ada Babinsa bersama dengan TNI, aparatur pemerintah daerah, ini semua berklaborasi tujuannya demi kenyamanan dan keamanan masyarakat.

“Karena kita punya kewajiban untuk itu, masyarakat harus nyaman.dikemudian juga akan melakukan patroli dan juga Polri memberikan perlindungan, pelayanan,” Terang Helmy

Himbauan semacam itu sesuai dengan perintah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang diterapkan kepada seluruh jajaran.

Karena Polri hadir sebagai Implementasi keberadaan Negara yang ada di tengah-tengah masyarakat.

Diketahui Polri pada saat Operasi Ketupat akan mengamankan berbagai rangkaian dalam menyambut Idul Fitri.7 hari sebelum pelaksanaan operasi Ketupat Polri telah melakukan operasi cipta kondisi dalam memberikan layanan yang baik kepada warga.

“Sampai dengan ada masa jeda libur menuju pascalebaran dan arus balik, pasti ada juga warga yang berwisata,semua akan diamankan serta dilancarkan semua arus kendaraan melalui Operasi Ketupat Krakatau 2024.” Tutup Helmy.

Bagikan Ke

About Redaksi Sundalanews

Check Also

Berkas Perkara Pelaku Curat R4 di Pesibar Dilimpahkan ke Kejaksaan

Pesisir Barat (sundalanews.com) – Sat Reskrim Polres Pesisir barat melaksanakan Tahap II / pelimpahan tersangka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Find us on Facebook