HUT Ke-15 Tubaba, RSUD Bersama Smile Train Lampung Adakan Operasi Celah Bibir dan Celah Langit Gratis

TUBABA (sundalanews.com) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) bekerjasama dengan Smile Train Wilayah Lampung, menggelar Bakti Sosial Operasi Celah Bibir dan Celah Langit Gratis dalam rangka memperingati HUT ke-15 Kabupaten Tubaba.

Bakti sosial tersebut berlangsung selama tiga hari 26 sampai 28 April 2024 yang dipusatkan di RSUD setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tubaba, diwakili Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Karyawanto, S.Kep., M.Kes., mengatakan, kegiatan bakti sosial ini adalah kerjasama RSUD Tubaba dengan Smile Train.

“Smile Train itu sendiri merupakan organisasi yang sudah lebih dari 20 (dua puluh) tahun ini mendukung perawatan sumbing yang aman dan berkualitas tinggi, dan gratis lebih dari 1,5 juta anak di Indonesia,” katanya.

Dalam kegiatan bakti sosial ini, ungkap karyawanto, pasien yang telah terdaftar berjumlah 14 (empat belas) anak yang berasal dari Kabupaten Tubaba dan dari kabupaten sekitar.

“Pasien tidak hanya berasal dari Tubaba namun juga dari luar daerah seperti Kabupaten Tulangbawang, Lampung Tengah, Lampung Timur dan Lampung selatan, yang berusia antara 4 (empat) bulan sampai 14 (empat belas) tahun,” sebut Karyawanto.

Dia menjelaskan, kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, dimana hari ini (Jumat, 26 April 2024) akan dilakukan skrening bagi pasien, lalu esok harinya akan dilaksanakan operasi.

“Setelah menginap atau dilakukan perawatan selama semalam pada hari ke tiga, pasien diperkenankan pulang, dan pihak kami akan memantau sampai pasien benar-benar sembuh,” jelasnya.

Sementara saat membuka bakti sosial tersebut, Penjabat (Pj) Bupati Tubaba Drs. M. Firsada, mengungkapkan rasa syukur atas terselenggaranya bakti sosial operasi celah bibir dan langit yang dikaitkan dengan ulang tahun kabupaten yang dipimpinnya.

“Alhamdulillah, bahwa setiap tahun kita melaksakan upaya upaya yang menyangkut masyarakat, karena pemerintah itu sendiri tidak dapat berjalan tanpa adanya masyarakat, untuk itu wajib kita bersama membantu masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Diusianya yang ke-15 ini, kata M. Firsada, Kabupaten Tubaba telah banyak meraih kemajuan dan prestasi yang membanggakan. Dan prestasi yang diraih itu adalah prestasi bersama dari semua komponen, tidak hanya dari komponen pemerintahan, salah satu diantaranya adalah sinergi dengan komponen masyarakat.

“Hari ini kita semua juga bersinergi dengan tim dokter, Smile Train dan RSUD Tubaba, ini merupakan salah satu kepedulian kita bersama kepada masyarakat,” pungkasnya.

Bagikan Ke

About Redaksi Sundalanews

Check Also

Mahasiswa Prodi Hukum Bisnis Darmajaya Kunjungan Belajar ke Pengadilan Negeri

BANDAR LAMPUNG (sundalanews.com) – Program studi (Prodi) Hukum Bisnis Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Find us on Facebook