Puluhan Polisi amankan Upacara Melasti Di Pringsewu

Pringsewu (sundalanews.com) – Puluhan Polisi dari Polres Pringsewu diterjunkan untuk mengamankan upacara Melasti, salah satu ritual ibadah umat hindu untuk menyambut Hari Raya Suci Nyepi yang berlangsung di Pure Melasti Tri Dharma Yoga Pekon Panggung Rejo, Sukoharjo, Pringsewu pada Rabu (6/3/2024) pagi.

Kabag Ops Polres Pringsewu, Kompol I Made Indra Wiajaya dalam keterangannya menyatakan bahwa pengamanan tersebut dilakukan untuk memastikan kelancaran dan ketertiban selama pelaksanaan upacara Melasti.

“Kami melibatkan puluhan personel untuk mengamankan jalannya upacara Melasti ini. Hal ini dilakukan untuk memastikan situasi tetap kondusif dan menjaga keamanan serta kelancaran acara,” ungkap Kompol I Made Indra Wijaya di lokasi kegiatan.

Dengan adanya pengamanan yang ketat, lanjut Kabag Ops, umat Hindu yang hadir dalam upacara Melasti di Pure Melasti Tri Dharma Yoga Pekon Panggung Rejo dapat merasa aman dan tenang dalam menjalankan ibadahnya.

“Keberadaan petugas kepolisian juga diharapkan dapat mencegah terjadinya gangguan atau insiden yang dapat mengganggu kenyamanan selama pelaksanaan upacara,” jelasnya

untuk diketahui, Upacara Melasti merupakan ritual pembersihan yang dilakukan oleh umat Hindu menjelang perayaan Nyepi. Dalam upacara ini, umat Hindu membawa berbagai barang dan perlengkapan suci ke laut atau sungai untuk melakukan penyucian.

Upacara yang rutin dilaksanakan dalam setiap tahunya ini diikuti ribuan umat hindu dari berbagai daerah. (*)

Bagikan Ke

About Redaksi Sundalanews

Check Also

Pemkab Tubaba Raih Dua Penghargaan Paritrana Award Tingkat Provinsi Lampung

TUBABA (SUNDALANEWS.COM) – Tulangbawang Barat (Tubaba) meraih dua penghargaan sekaligus dalam ajang penganugerahan Paritrana Award, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Find us on Facebook