Gubernur Lampung Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Jaga Kondusifitas Pada Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah November 2024

Bandar Lampung (sundalanews.com) — Komandan Korem 043/Gatam Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin menjadi Pembina Upacara Bulanan bersama Forkopimda Provinsi Lampung di Lapangan Korpri, Kantor Gubernur, Senin (04/03/2024).

Gubernur Lampung dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin menyampaikan hal terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan beberapa bulan kedepan seusai Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg).

Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024 Tentang Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota menyatakan bahwa Pilkada ini akan diadakan secara serentak pada hari Rabu, 27 November 2024 mendatang. Khusus di Provinsi Lampung akan diselenggarakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, 13 Bupati dan Wakil Bupati, serta 2 Walikota dan Wakil Walikota secara serentak.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur mengajak seluruh elemen masyarakat, termasuk Forkopimda, untuk menjaga ketertiban, kedamaian, dan mewujudkan kontestasi politik yang sehat dan beradab. Sebab, seluruh masyarakat memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa proses demokrasi berjalan dengan lancar.

“Pemilu Tahun 2024 adalah sarana integritas bangsa, maka dibutuhkan peran dari semua pihak. Oleh karena itu, perlu koordinasi dan kerja sama yang aktif dan efektif seluruh stakeholder. Saya tegaskan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan POLRI untuk netral dalam Pilkada Tahun 2024,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Gubernur juga menyampaikan bahwa secara umum penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) di Provinsi Lampung berlangsung cukup baik dan relatif kondusif. Dari data 6.650.152 jiwa 4.686.372 mata pilih, tingkat partisipasi mencapai angka 78%, hal tersebut menunjukkan animo masyarakat Lampung untuk memberikan suaranya pada waktu dan tempat yang telah ditentukan dinilai cukup tinggi. Dinamika politik yang tercipta ditengah-tengah masyarakat Provinsi Lampung pada pra dan pasca pemungutan suara masih berada dalam kategori wajar.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur turut mengucapkan selamat menyambut bulan suci Ramadan 1445 H/2024 kepada seluruh umat Muslim di Provinsi Lampung, khususnya Forkopimda Provinsi Lampung. Ia mengimbau seluruh masyarakat, terutama Forkopimda dan instansi terkait untuk menjaga ketertiban dan keamanan selama bulan suci Ramadan, serta menggunakan momentum ini untuk melakukan introspeksi diri, mengevaluasi perbuatan, serta memperbaiki hubungan dengan sesama. Dengan begitu, masyarakat akan menjadi individu yang lebih baik dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Selain itu, Gubernur juga mengapresiasi semangat peserta upacara yang ikut serta dalam upacara gabungan ini. Menurutnya, momentum seperti ini sangat berharga karena memberikan kesempatan untuk bersatu, berkolaborasi, dan mengawal pembangunan serta menjaga stabilitas keamanan di Provinsi Lampung.

“Saya mengajak kepada kita semua untuk terus meningkatkan disiplin, loyalitas, dedikasi, motivasi dan etos kerja, serta membudayakan untuk berfikir kreatif, inovatif, solutif, sebagai upaya untuk menunjang pelaksanaan tugas,” pungkasnya. (Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Lampung)

Bagikan Ke

About Redaksi Sundalanews

Check Also

Pekon Purwodadi Tingkatkan Infrastruktur dan Pertanian dengan Dana Desa 2024

Pringsewu (sundalanews.com) – Pekon Purwodadi, Kecamatan Adiluwih, Kabupaten Pringsewu, pada tahun ini melaksanakan serangkaian kegiatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Find us on Facebook