Tingkatkan Mutu Pelayanan UPTD Puskesmas Karya Penggawa Diakriditasi

Pesisir Barat (Sundalanews.com) – Dalam rangka meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat, UPTD Puskesmas Karya Penggawa, Kabupaten Pesisir Barat melaksanakan Survei Akreditasi oleh Tim Surveyor dari Komisi Akreditasi Kesehatan Pratama (KAKP) Lampung, Rabu (20/09/2023). Kegiatan tersebut akan berlangsung hingga 22 September 2023 mendatang.

Pembukaan survey akreditasi yang dilaksanakan di halaman Puskesmas Karya Penggawa ini dihadiri oleh Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal, Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Barat Tedi Zadmiko beserta jajarannya, Kapolsek, Kepala Puskesmas se-Pesisir Barat dan seluruh Tenaga Kesehatan Puskesmas Karya Penggawa.

Bupati Pesibar Agus Istiqlal dalam sambutannya mengucapkan selamat atas pencapaian akreditasi puskesmas dan berpesan agar selalu meningkatkan pelayanan, khususnya pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Kalau kita melayani pasien di puskesmas, senyum agar pasien cepat sembuh. Kepada dokter, perawat, bidan yang merupakan pekerjaan amal. Menolong orang adalah bagian dari tugas, pahala bagi kita semua,” kata Bupati Agus Istiqlal.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Tedi Zadmiko dalam mengawali sambutannya mengucapkan selamat datang kepada tim surveyor dari Komisi Akreditasi Kesehatan Pratama (KAKP) yang akan melaksanakan penilaian akreditasi Puskesmas Karya Penggawa selama 3 hari kedepan.

Selanjutnya Tedi menjelaskan bahwa pelayanan kesehatan di Puskesmas yang berkualitas memegang peranan penting dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah sebagai pelayan publik yang merupakan salah satu pilar dalam Enam pilar transformasi sistem kesehatan Indonesia. Enam pilar tersebut adalah transformasi layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan, dan teknologi kesehatan.

“Puskesmas sebagai Fasilitas Pelayanan Tingkat Pertama menjadi ujung tombak Dinas Kesehatan Daerah Kabupaten dalam memenuhi standar pelayanan minimal bidang kesehatan, sehingga kinerja Puskesmas akan berpengaruh langsung terhadap kinerja Dinas Kesehatan Daerah Kabupaten dan Pemerintah Daerah setempat”, jelasnya.

Lebih lanjut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Daerah khususnya Dinas Kesehatan melalui puskesmas untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Oleh karena itu upaya peningkatan mutu dan keselamatan pasien perlu diterapkan dalam pengelolaan Puskesmas untuk memberikan pelayanan kesehatan yang komprehensif kepada masyarakat yang ada di Pesisir Barat. (Edy/Yus)

Bagikan Ke

About Redaksi Sundalanews

Check Also

Buka Pelatihan Penulisan Khotbah Jumat, Novriwan Jaya Minta Materi Penyampaian Khotbah Diatur

Tubaba (sundalanews.com) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Ir. Novriwan Jaya, S.P. membuka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Find us on Facebook