MUSRENBANG KABUPATEN PESISIR BARAT TAHUN 2022

Pesisir Barat (SUNDALANEWS.COM) – Gubernur Lampung diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Lampung Drs Qudrotul Ikhwan, M.M., didampingi Bupati Pesisir Barat Dr. Drs. Agus Istiqlal., S.H., M.H., membuka acara Musrenbang Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2022 untuk penyusunan RKPD tahun 2023 di Aula Lamban Apung, Kec. Pesisir Tengah, selasa (22/3/2022)

Dalam sambutannya Gubernur Lampung yang disampaikan oleh Drs Qudrotul Ikhwan MM mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bupati beserta jajaran dan seluruh masyarakat Kabupaten Pesisir Barat.

Kegiatan Musrenbang ini menjadi bukti bahwa Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat senantiasa memberi ruang kepada pemangku kepentingan dalam rangkaian proses pembangunan, yang tentunya dimulai dari tahap perencanaan.
Ia juga berpesan agar
dalam penyusunan RKPD tahun 2023 benar-benar memperhatikan data-data makro dan kondisi sosial yang terjadi,”sehingga dapat memformulasikan program yang tepat dan memberikan daya ungkit yang kuat bagi pembangunan Kabupaten Pesisir Barat serta mampu menjadi penopang laju
pembangunan bagi Provinsi Lampung,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Kabupaten Pesisir Barat Agus Istiqlal mengatakan, untuk dapat menyatukan persepsi, pikiran, tekad dan semangat untuk bersama-sama merencanakan arah pembangunan Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2023 mendatang yang dapat bersinergi dengan pemerintah pusat, pemerintah provinsi lampung hingga nantinya menjadi pedoman bagi pemerintah pekon.

Tahun 2023 mendatang, harapannya kondisi perekonomian telah kembali normal seutuhnya pasca pandemi covid-19 yang sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat. Berdasarkan pada hal tersebut di atas, RKPD Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2023 diarahkan untuk melanjutkan pemulihan ekonomi dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta memantapkan infrastruktur daerah.

Prioritas pembangunan pada tahun 2023 juga masih terfokus pada peningkatan kualitas kesehatan, pendidikan, perlindungan sosial, pangan (pertanian dan perikanan), infrastruktur, pariwisata, dan umkm. Pada tahun 2023 arah pembangunan juga diarahkan pada penyelesaian beberapa proyek strategis daerah dalam menunjang pelayanan umum kepada masyarakat.

Arah pembangunan tersebut sebagai pedoman dalam mencapai prioritas daerah tahun 2023, yaitu:

  1. pembangunan sumber daya manusia;
  2. pembangunan infrastruktur dan aksesbilitas daerah;
  3. pembangunan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat;
  4. pengentasan kemiskinan daerah;
  5. reformasi tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik;
  6. pengelolaan lingkungan hidup dengan prinsip pembangunan berkelanjutan.

Dalam kesempatan ini juga Bupati Pesisir Barat meminta dukungan yang seluas-luasnya dari Pemerintah Provinsi Lampung untuk dapat memprioritaskan pendanaan dan pembangunan di Kabupaten Pesisir Barat serta bantuan fasilitasi dalam proses mendapatkan dana alokasi khusus fisik serta tugas pembantuan yang berlokasi di Kabupaten Pesisir Barat Negeri Para Sai Batin dan Ulama sebagai kabupaten termuda di Provinsi Lampung.

“kami merasa sudah selayaknya mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah Provinsi Lampung,” pungkasnya. ( Adi /yus)

Bagikan Ke

About Redaksi Sundalanews

Check Also

Tradisi Air Suci Polda Lampung, Air Murni Cuci Panji Tribrata di Hari Bhayangkara

LAMPUNG (sundalanews.com) – Sebuah tradisi di Polda Lampung bernuansa kearifan lokal dirawat turun temurun dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Find us on Facebook